MAKALAH | PENDIDIKAN | AGAMA | APLIKASI HP | TIPS AND TRIK | CERITA | CONTOH | DOWNLOAD GRATIS

Contoh Proposal Kewirausahaan Batik Pekalongan Part II

Contoh Proposal Kewirausahaan Batik Pekalongan Part II
BABIII
HASIL PRODUKSI DAN PEMASARAN BARANG

Perusahaan Industri Batik Ganisa ini memproduksi Batik dan juga design-design batik seperti :
Ø Blouse
Ø Hem Bati
Ø Kemeja Batik
Ø Kaos Batik
Ø BATIK Spesial
Ø Batik Muslimah

            Dalam memasarkan hasil produksi, perusahaan ini selalu menghasilkan berbagai
macam karya seperti sempel yang ada, dengan kualitas yang semakin di tingkatkan dan berusaha untuk menjaga kualitas produk agar di sukai oleh pembeli / konsumen

ØPemasaranTempat / lokasi Pemasaran yang di ininginkan oleh perusahaan yaitu :
•Letak wilayahnya yang strategis
• Mudah di jangkau oleh konsumen
• Bahan- bahan yang di dapat mudah di cari
• Tenaga kerja mudah di dapat
• Sarana angkutan mudah dan banyak
• Biaya transportasi yang murah
Produk akan di salurkan kepada Konsumen dengan melalui distributor, dan Batik Asalam yang memiliki Butik sendiri yang berada di di Jl. Kh.Hasyim Asy’ari Setono Gg2, Rt 02, Rw 11, Kec Pekalongan Timur, Kota Pekalongan, Jawa Tengah.
 dan juga menyebar luaskan produksinya di Grosir Batik Setono Pekalongan.
 Tidak hanya di Kota Pekalongan Batik Ganisa juga terdapat di kota – kota
 lain.
 Batik Ganisa juga membuka iklan secara Online agar masyarakat Indonesia
 dapat mengetahui keunggulan Batik Asalam yang merupakan Batik yang
 berkualitas tinggi

       -    Target  pemasaran

             Target pemasaran merupakan suatu motifasi bagi perusahaan untuk mempermudah sarana atau tempat yang luas. Target pemasaran akan di lakukan apabila meneger perusahaan dengan di tetapkan segmentasi pasar dan target pemasaran, perusahaan tersebut dapat mengembangkan produknya disetiap sasaran pasar.

Target Pemasaran sangat berperan penting bagi usahanya . produk yang di hasilkan berupa :

Hem Batik, Kemeja Batik, Blus Batik, Dress Batik, Long Dress Batik, Batik Anak, Kaos Batik, Batik Sarimbit, Busana Muslimah Batik, Kain Batik, Batik Spesial.

ØBarang Dadang
Dalam membuka usaha dalam suatuperusahaan perlu adannya perhitungan biaya yang  akan di gunakan dan di tetapkan , antara lain yaitu :

No

Nama Barang

Banyak Barang

Harga Satuan

Jumlah
1
HemBatik
1kodi
Rp.90.000,
Rp.1.080.000
2
Kemeja batik
1kodi
Rp.95.000,
Rp. 1.140.000,
3.
Blus Batik
1kodi
Rp.90.000
Rp.1.080.000,
4.
Batik Sepesial
1kodi
Rp.25.000,
Rp.300.000,
5.
Batik Muslimah
1kodi
Rp.110.000,
Rp.1320.000,
6.
Kaos Batik
1kodi
Rp. 60.000,
Rp.720.000,
7.
Batik Dress
1kodi
Rp.70.000,
Rp.840.000,
8.
Long DressBatik
1kodi
Rp.45.000,
Rp.540.000,
9.
Batik Anak
1kodi
Rp.30.000,

Rp.360.000,
10.
KainBatik
10meter
Rp.70.000,
Rp.700.000,

           Ø Anggaran Biaya
Biaya -biaya yang di perlukan dalam pembuatan kerajinan batik yaitu :
No
Nama Barang
Banyak Barang
Harga Beli
Harga Jual
Laba
Jumlah
1.
 Hem Batik
1 kodi

Rp. 90.000,

Rp. 95.000,
Rp. 5.000,

Rp.1.140.000,
2
Kemeja Batik
1 kodi
Rp. 95.000,
Rp.100.000,
Rp. 5.000,
Rp. 1.200.000,
3.
Blus Batik


1 kodi
Rp. 90.000,
Rp. 95.000,

Rp. 5.000,
Rp. 1.140.000,
4.
Batik Sepesial
1 kodi
Rp. 25.000,
Rp. 30.000,
Rp. 5.000,
Rp. 360.000,

5.
Batik Muslimah 
1kodi
Rp. 110.000,
Rp. 115.000,
Rp. 5.000,
Rp. 1.380.000,
6.
Kaos Batik
1 kodi
Rp. 60.000,
Rp. 65.000,

Rp. 5.000,
Rp. 780.000
7.
Dress Batik
1 kodi
Rp. 70.000,
Rp. 75.000,

Rp. 5.000,
Rp. 900.000

8.
Long Dress Batik
1 kodi
Rp. 45.000,

Rp. 50.000,
Rp. 5.000,
Rp. 600.000

9.
Batik Anak

1 kodi
Rp. 30.000,
Rp. 35.000,

Rp. 5.000,
Rp. 420.000

10.
Kain Batik
10 meter
Rp. 70.000,
Rp. 75.000,
Rp. 5.000,
Rp. 750.000










Ø HASIL YANG DI CAPAI

Dalam proses pembuatan produk dari bahan baku menjadi bahan jadi, produsen harus meningkatkan hasil usahanya agar mendapatkan keuntungan. Dimana untuk mencapai keuntungan pada produsen harus mengambil langkah-langkah sebagai berikut :
- Memilih tempat yang strategis
- Menetapkan harga yang sesuai dengan harga pasar
- Memperhatikan total hasil penerimaan penjualan serta total biaya yang sudah
   di anggarkan sesuai dengan anggaran dalam perencanaan produk.

Dengan proses tersebut hasil yang akan dicapai yaitu :
- Membawa pengaruh yang positif
- Memberikan lapangan kerja bagi masyarakat
- Mendapatkan laba yang tinggi
- Memperoleh pelanggan tetap serta meningkatkan penjualan produk.
- Memperoleh pasar yang cukup luas
- Mensejahterakan masyarakat sekitar.



Ø FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT
A.    FAKTOR PENDUKUNG

Di dalam mengembangkan produksi batik, perlu adanya pendukung dalam proses produksinya, seperti misalnya memasarkan produknya di perpasaran, kendaraan untuk mengantar barang dan guna lainnya. Tanpa adanya pektor pendukung maka produsen / perusahaan akan kesusahan dalam mengatur dan menjalankan perusahaan dengan sempurna.


Baca Juga Contoh Proposal Kewirausahaan Lengkap By Akhmad Khaerudin 


Seperti di bawah ini merupakan perhitungan untuk 1 kodi batik beserta anggaran biayanya. :
- Bahan - bahan Batik         Rp. 400.000
- Upah tenaga kerja             Rp. 150.000
- Biaya Transportasi            Rp. 50.000
                      Jumlah           Rp. 600.000

 Keuntungan yang di harap  Rp. 100.000
- Harga Pokok                     Rp. 90.000
- Harga Jual                          Rp. 95.000

Adapun faktor pendukung antara lain :
• Faktor tersedianya bahan baku
• Faktor penyaluran distributor
• Fatktor transportasi
• Faktor tempat yang strategis
• Faktor permodalan
• Faktor pelayanan ke konsumen
• Fatror optimisme usaha
B.     FAKTOR PENGHAMBAT
Perusahaan harus menyadari bahwa dalam suatu usaha terdapat berbagai sistem penghambat dalam penjualan produk, antara lain yaitu :
• Faktor kerusakan barang
• Faktor Hambatan dalam menguasai pasar
• Faktor persaingan dagang
• Faktor kurangnya keahlian dalam bidang yang dijalaninya
• Faktor pelayanan yang kurang baik / memuaskan.

C.     FUNGSI PRODUK
Penjualan produk untuk barang – barang hasil karya batik mempunyai daya tarik tersendiri bagi para konsumen atau penikmat produk. Karena itu penjual harus lebih pintar dan kreatif serta inofatif dalam menciptakan hasil karyanya agar perusahaan mampu bergerak dan bersaing dengan perusahaan lainnya
.Produk batik juga bermanfaat dan di perlukan konsumen selain sebagai sandangan batik juga merupakan sesuatu sebagai mode atau keindahan bagi setiap pemakainya, dan coraknya yang bermacam-macam akan menjadi konsumen lebih tertarik dan rasa ingin memiliki.
    BAB V
PENUTUP

A.    KESIMPULAN

          Setelah saya mengumpulkan berbagai macam bahan berupa data maupun fakta dan penyusunannya menjadi sebuah Proposal sebagai salah satu syarat untuk Tugas Proposal Akhir semester VII Materi kewirausahaan, saya menyimpulkan bahwa :

• Tugas Proposal Akhir semester VII Ke ini swirausahaan ini sangat bermanfaat
bagi saya untuk memperluas dan memperdalam wawasan saya mengenai     peranan berwirausaha
• Perusahaan tersebut menyediakan produk- produk yang di butuhkan masyarakat    
   dan letak butik, toko, dan pasarannya yang mudah di jangkau oleh masyarakat
.
• Dengan pelaksanaan uji praktek ini akan menambah pengalaman dan mendidik  
   saya supaya disiplin dalam bekerja
.
• Strategi yang baik akan mendukung dalam berwirausaha, dan strategi yang  
   kurang akan menghambat dalam berwirausaha.

• Perusahaan tersebut cukup banyak mempunyai pelanggan tetap dan pertambahan
    pelanggan.
•  Pentingnya pelayanan prima dapat mempengaruhi keberhasilan dalam
    berwirausaha.
Baca Juga : 

Macam-macam Motif batik Pekalongan dan sekitar 
 Contoh Proposal Kewirausahaan Lengkap 
By Akhmad Khaerudin 

Silahkan dibagikan keteman Via


Artikel Terkait :

0 Kommentare on Contoh Proposal Kewirausahaan Batik Pekalongan Part II :

Silahkan berkomentar yang baik dan Jangan Spam !

Pengikut


Google+