MAKALAH | PENDIDIKAN | AGAMA | APLIKASI HP | TIPS AND TRIK | CERITA | CONTOH | DOWNLOAD GRATIS

Macam -macam Motif Batik Pekalongan dan Sekitarnya

Macam -macam Motif Batik Pekalongan dan Sekitarnya - Batik adalah ekspresi budaya yang memiliki makna simbolis yang unik dan nilai estetika yang tinggi bagi masyarakat Indonesia. Keunikan yang indah itu merupakan salah satu pembentuk karakter bangsa Indonesia yang membedakan kita dengan bangsa lain sehingga dapat menjadi identitas dan jati diri bangsa. Demikian dijelaskan Ibu Ani Bambang Yudhoyono dalam sambutannya saat menghadiri peringatan Hari Batik Nasional 2011
Batik Jawa

Batik Hokokai
Batik Hokokai
Kata Hokokai berasal dari bahasa Jepang. Motif Hokokai didisain ketika Jepang menguasai Indonesia pada tahun 1940-an.
Kawung
Berkas:BatikKawungPicis.JPG
Motif Kawung berpola bulatan mirip buah Kawung (sejenis kelapa atau kadang juga dianggap sebagai buah kolang-kaling) yang ditata rapi secara geometris. Kadang, motif ini juga diinterpretasikan sebagai gambar bunga lotus (teratai) dengan empat lembar daun bunga yang merekah. Lotus adalah bunga yang melambangkan umur panjang dan kesucian. Biasanya motif-motif Kawung diberi nama berdasarkan besar-kecilnya bentuk bulat-lonjong yang terdapat dalam suatu motif tertentu. Misalnya : Kawung Picis adalah motif kawung yang tersusun oleh bentuk bulatan yang kecil. Picis adalah mata uang senilai sepuluh senyang bentuknya kecil. Sedangkan Kawung Bribil adalah motif-motif kawung yang tersusun oleh bentuk yang lebih besar daripada kawung Picis. Hal ini sesuai dengan nama bribil, mata uang yang bentuknya lebih besar daripada picis dan bernilai setengah sen. Sedangkan kawung yang bentuknya bulat-lonjong lebih besar daripada Kawung Bribil disebut Kawung Sen.

Naga
Batik Naga

Batik Jawa Baru

batik Jawa Baru
Setelah Perang Dunia II usai, Jepang takluk dan angkat kaki dari Indonesia, batik sebagai industri mengalami masa surut. Namun, motif-motif batik terus berkembang, mengikuti suasana. Ketika itu juga muncul istilah seperti batik nasional dan batik Jawa baru. Batik Jawa baru bisa disebut sebagai evolusi dari batik Hokokai. Pada tahun 1950-an batik yang dihasilkan masih menunjukkan pengaruh batik Hokokai yaitu dalam pemilihan motif, tetapi isen-isen-nya tidak serapat batik Hokokai.

Batik Jawa Hokokai
BatikJawaHokokai.JPG
Pada masa penjajahan Jepang di pesisir Utara Jawa lahir ragam batik tulis yang disebut batik Hokokai. Motif dominan adalah bunga seperti bunga sakura dan krisan. Hampir semua batik Jawa Hokokai memakai latar belakang (isen-isen) yang sangat detail seperti motif parang dan kawung di bagian tengah dan tepiannya masih diisi lagi, misalnya motif bunga padi.
Lasem Sekar Jagad
Lasem Sekar Jagad
Kombinasi dari berbagai macam bunga dan kupu-kupu. Batik dengan motif kombinasi ini dibuat di Lasem, sebuah kota kecil di Jawa Tengah.
Batik Pekalongan
Macam -macam Motif Batik Pekalongan dan SekitarnyaSarong van Zuylen
Macam -macam Motif Batik Pekalongan dan SekitarnyaBatik Tiga Negeri
Eliza Womans Sarong
Dewa-dewa
Primisan
Macam -macam Motif Batik Pekalongan dan SekitarnyaObar Abir
Garuda
Batik Cirebon
Chinese Girl
Batik Kompeni
Macam -macam Motif Batik Pekalongan dan SekitarnyaBatik Penjual Legen
Barik Solo

Macam -macam Motif Batik Pekalongan dan SekitarnyaBatik Tiga Negeri
Macam -macam Motif Batik Pekalongan dan SekitarnyaSolo Pattern
Tulis Tiga Negeri
Batik Bu Harto
Batik Yogyakarta
Macam -macam Motif Batik Pekalongan dan SekitarnyaParang Rusak
Macam -macam Motif Batik Pekalongan dan SekitarnyaTirta Teja
Macam -macam Motif Batik Pekalongan dan SekitarnyaParang Barong
Macam -macam Motif Batik Pekalongan dan SekitarnyaParang Curiga

Demikian  Macam -macam Motif Batik Pekalongan dan Sekitarnya semoga bermanfaat bagi anda dan Dengan adanya identitas dan jati diri yang melekat pada bangsa Indonesia, kita akan semakin percaya diri untuk berdiri tegak diantara bangsa-bangsa lain di dunia. Apalagi ketika Unesco telah menetapkan batik menjadi warisan budaya tak benda bagi kemanusiaan pada tanggal 2 Oktober 2009 lalu, membuat kita semakin semangat untuk melestarikannya
Silahkan dibagikan keteman Via


Artikel Terkait :

1 Kommentare:

motif batik pekalongan said... October 17, 2012 at 5:57 PM

keren-keren gan motifnya

Silahkan berkomentar yang baik dan Jangan Spam !

Pengikut


Google+