MAKALAH | PENDIDIKAN | AGAMA | APLIKASI HP | TIPS AND TRIK | CERITA | CONTOH | DOWNLOAD GRATIS

Makalah Pelayanan Konseling dan Pengembangan Diri Siswa



Makalah Pelayanan Konseling dan Pengembangan Diri Siswa
PENDAHULUAN
Dengan dirancang, disosialisasikan serta dalam waktu dekat  akan di laksanakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), yang didalamnya termuat salah satu komponen kurikulum tersebut adalah Pengembangan Diri Siswa, maka perlulah di kemukakan materi sebagaimana tersebut diatas. Pada bab ini akan di kemukakan pelayanan konseling di sekolah dan pengembangan diri siswa melalui konseling. Hal-hal pokok yang akan di bahas meliputi: program bimbingan konseling di sekolah, bidang pengembangan konseling, jenis layanan konseling, kegiatan pendukung konseling,
pengembangan diri siswa melalui pelayanan konseling dan pengembangan diri melalui kegiatan ekstra kurikuler. Hal-hal yang berhubungan dengan program layanan konseling dan pengembangan diri siswa sangat penting di ketahui oleh mahasiswa calon guru, baik sebagai calon guru kelas, guru mata pelajaran maupun calon guru praktik, serta jajaran pengelola pendidikan di sekolah dengan harapan mereka nantinya setelah mereka jadi guru dan mengelola pendidikan dapat bekerja sama dengan guru pembimbing dalam rangka mengembangkan potensi siswa secara optimal.
Tujuan pokok bahasan ini adalah agar mahasiswa calon guru memahami:
1.       Program bimbingan konseling di sekolah      
2.       Bidang pengembangan pelayanan bimbingan konseling
3.       Jenis layanan bimbingan konseling
4.       Kegiatan pendukung bimbingan konseling
5.       Pengembangan diri siswa melalui pelayanan konseling
6.       Pengembangan diri siswa melalui kegiatan ekstra kurikuler
B.      MATERI
1.       Program pelayanan bimbingan konseling.
a.       Makna dan tujuan program
Program BK adalah rangkaian kegiatan pelayanan yang terencana, di organisir secara baik dan dalam pelaksanaan nya di koordinir dengan penuh tanggung jawab. Program tersebut di susun dengan memasukan unsur-unsur yang harus termuat di dalamnya secara jelas dan kongkrit yang di buat dalam bentuk satuan-satuan kegiatan layanan, yang dalam pelaksanaan nya mengarah pada pencapaian tujuan pelayanan BK disekolah.
Tujuan penyusunan program BK di sekolah adalah:
1.       Agar kegiatan BK di sekolah terlaksana dengan lancar, efektif dan efisien.
2.       Hasil pelaksanaan kegiatan dapat dinilai
3.       Akontabilitas BK dapat ditegakkan
Moh. Surya dan Rochman Natawijya (1985) mengemukakan keuntungan yang diperoleh jika program BK disusun dengan baik dan rinci sebagai berikut:
1.       Memungkinkan para petugas menghemat waktu, tenaga, biaya dengan menghindari kesalahan-kesalahan dan usaha coba-coba yang tidak menguntungkan.
2.       Memungkinkan siswa mendapat layanan BK secara seimbang dan menyeluruh baik dalam hal kesempatan, ataupun dalam jenis layanan yang diperlukan
3.       Memungkinkan setiap petugas mengetahui dan memahami peranannya masing-masing dan mengetahui bagaimana dan dimana mereka harus melakukan upaya secara tepat.
4.       Memungkinkan para petugas untuk menghayati pengalaman yang sangat berguna untuk kemajuannya sendiri dan untuk kepentingan para siswa yang di bimbingnya.
Dari uraian diatas tergambar bahwa efektifitas pelaksanaan pelayanan BK di sekolah akan terwujud , bila kegiatan tersebut di dukung oleh adanya program yang jelas dan tersusun secara sistematis sesuai dengan kebutuhan siswa. Program yang tersusun dengan baik dan jelas itu, tidak akan ada artinya manakala tidak di implementasikan secara baik pula.
b.      Jenis dan komponen/ unsur-unsur program untuk masing-masing jenis.
1.       Jenis program
Jenis program BK adalah:
a.       Program tahunan.
b.      Program semesteran.
c.       Program bulanan.
d.      Program mingguan.
e.      Program harian.
2.       Unsur-unsur yang harus termuat dalam program
Unsur yang termuat dalam program, berbeda sesuai dengan jenis program
a.       Program tahunan.
Unsur-unsurnya: nama sekolah, kelas, tahun ajaran, nama konselor/guru pembimbing, kegiatan, bidang pengembanagn.
b.      Program semesteran.
Unsur-unsurnya: nama sekolah, kelas, tahun ajaran, nama konselor/guru pembimbing, kegiatan, bidang pengembangan, materi bidang pengembangan, semesteran.
c.       Program Bulanan
Unsur-unsrnya: nama sekolah, kelas, tahun ajaran, nama konselor/guru pembimbing, kegiatan, bidang pengembangan, materi bidang pengembangan, semester, bulanan.
d.      Program Mingguan
Unsur-unsurnya: nama sekolah, kelas, bulan, minggu, tahun ajaran, nama konselor/guru pembimbing, kegiatan, bidang pengembangan, materi bidang pengembangan.
e.      Program harian (SATLAN/SATKUNG)
Unsur-unsurnya: nama sekolah, kelas, bulan, minggu, tahun ajaran, nama konselor/guru pembimbing, tnggal/waktu, jam pembelajaran, sasaran kegiatan, kegiatan layanan/pendukung, materi kegiatan, alat bantu, tempat, pelaksana, keterangan.
c.       Penyusunan program.
1.       Program pelayanan BK di susun berdasarkan kebutuhan peserta didik(need assement) yang diperoleh melalui aplikasi instrumen( pengumpulan data dengan menggunakan intrumen)
2.       Substansi program pelayanan BK meliputi keempat bidang pengembangan, 9 jenis layanan dan 6 kegiatan pendukung, format kegiatan, sasaran pelayanan dan volume/beban tugas konselor.
d.      Pelaksanaan program.
Dalam panduan pengembangan diri (2006) dikemukakan pelaksanaan kegiatan pelayanan konseling:
a.       Di dalam jam pembelajaran sekolah/madrasah:
1.       Kegiatan tatap muka secara klasikal dengan peserta didik untuk menyelenggarakan layanan informasi, penempatan dan penyaluran, dengan konten kegiatan instrumen.
2.       Voleme kegiatan tatap muka klasikal adalah  dua jam per kelas per minggu dan dilaksanakan secara terjadwal.
3.       Kegiatan tidak tatap muka dengan peserta didik untuk menyelenggrakan layanan konsultasi, konferensi kasus, himpunan data, kunjungan rumah, pemamfaatan kepustakaan dan alih tangan kasus.
b.      Di luar jam pembelajaran sekolah/madrasah
1.       Kegiatan Tatap muka dengan peserta didik untuk menyelenggarakan layanan orientasi, konseling perorangan, bimbingan kelompok, konseling kelompok mediasi, serta kegitan lainnya yang dapat dilaksanakan di luar kelas.
2.       Satu kali kegiatan layanan/ mendukung konseling di luar kelas/di luar jam pembelajaran ekuivalen dengan dua jam pembelajaran tatap muka dalam kelas.
3.       Kegitan pelayanan konseling di luar jam pembelajaran sekolah/madrasah maksimum 50% dari seluruh kegiatan pelayanan konseling di ketahui dan dilaporkan kepada pimpinan sekolah/madrasah.
4.       pengembangan pelayanan bimbingan konseling
Bidang pelayanan konseling meliputi:
3.       Bidang Bidang pengembangan kehidupan pribadi.
a.       Bidang pengembangan kehidupan sosial.
b.      Bidang pengembangan kemampuan belajar.
c.       Bidang pengembangan karir.
4.       Jenis layanan bimbingan konseling.
Ada sembilan jenis layanan bimbingan konseling, sebagaimana akan di kemukakan berikut ini:
a.       Layanan orientasi
b.      Layanan informasi
c.       Layanan penenpatan dan penyaluran.
d.      Layanan penguasaan konten.
e.      Layanan konseling perorangan.
f.        Layanan bimbingan kelompok.
g.       Layanan konseling kelompok.
h.      Layanan konsultasi.
i.         Layanan mediasi.
5.       Kegiatan pendukung pelayanan bimbingan konseling.
Kegiatan pendukung pelayanan bimbingan dan konseling meliputi:
a.       Aplikasi instrumen
Yaitu: kegiatan mengumpulkan data tentang diri peserta didik dan lingkungan nya, melalui aplikasi berbagai instrumen, baik yang berbentuk tes, maupun non-tes.
b.      Himpunan data
Yaitu : kegiatan menghimpun data yang relevan dengan pengembangan peserta didik, yang diselenggarakan secara berkelanjutan, sistematis, komprehensif, terpadu dan bersifat rahasia.
c.       Konferensi kasus
Yaitu: kegiatan membahas permasalahan peserta didik dalam pertemuan khusus yang di hadiri oleh pihak-pihak yang dapat memberikan data.
Makalah Pelayanan Konseling dan Pengembangan Diri Siswa
Silahkan dibagikan keteman Via


Artikel Terkait :

0 Kommentare on Makalah Pelayanan Konseling dan Pengembangan Diri Siswa :

Silahkan berkomentar yang baik dan Jangan Spam !

Google+ Followers


Google+