Contoh Laporan PPL
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
pada
masa sekarang ini kepadatan penduduk membuat persaingan dalam mencari
suatu pekerjaan menjadi ketat, dan setiap orang harus mempunyai daya
saing dan pola pikir yang matang, untuk itu kemampuan akademik adalah
salah satunya, melalui duni pendidikan maupun yanglainya mahasiswa –
mahasiswi akan mempunyai daya saing tersendiri di bidsnya masing –
masing. Untuk mengembangkan efisiensi, pola fakir serta daya juang yang
besar dalam meningkatkan sumberdaya manusia Indonesia yang
professional, maka universitas PGRI Palembang sebagai salah satu
universitas yang ada di sumatera selatan dan di negara ini, harus mampu
menghasilkan lulusan yang berkualitas yang mempunyai kualitas yang
baik,matang terhadap pembekalan yang di terima dalam ilmu pengetahuan
dan teknologi yang mampu bersaing secara universal sesuai dengan tujuan
visi dan misi yang diemban oleh universitas PGRI palembang.
Oleh
sebab itulah mahasiswa di terjunkan secara langsung melalui KKL pada
sekolah, intansi pendidikan,instansi pemerintahan, dan perusahaan yang
tentunya berkaitan erat dengan disiplin ilmu yang bermanfaat untuk
masyarakat banyak, yang bertujuan agar mahasiswa
dapat
menerapkan dan mengembangkan ilmu yang di dapat di bangku kuliah agar
dapat mempunyai pengetahuan dan daya saing, sehingga dapat bermanfaat
untuk meningkatkan kualitas kehidupan mahasiswa itu sendiri. Hasil dari
kuliah kerja lapangan ini nantinya tentu sedikit banyak akan
meningkatkan ilmu dan pengetahuan mahaasiswa tentang bagai mana cara
proses kinerja sekolah, instansi pendidikan, instansi pemerintahan, dan
perusahaan tempat praktek kerja di laksanakan.
Ada pun dasar – dasar yang di gunakan dalam kegiatan KKL ini yaitu:
a. PP No. 60 Tahun 1999 Tentang Perguruan Tinggi.
b. SK Mendiknas RI No. 97 / 0 / D Tanggal 9 Juli 2000 Tentang Alih Fungsi Universitas PGRI Palembang.
c. UU RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
d. PP RI No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Pendidikan Nasional.
e. Pedoman Program Peningkatan Kualitas Universitas PGRI Palembang
f. Status Universitas PGRI Palembang.
B. Rencana Kegiatan
Kegiatan
KKL yang kami laksanakan di SMP Negeri 3 Tanjung Raja, kami melakukan
di bidang administrasi sekolah. Adapun rencana kegiatan yang kami
laksanakan, antara lain:
1. Administrasi kurikulum / Pembelajaran
- Kalender Pendidikan
- Pengembangan Silabus Pembelajaran
- Program Tahunan dan Semester
- Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
- Supervisi Sekolah
- Pembagian Tugas guru dalam mengajar
- Jadwal Pelajaran
- Laporan Hasil Evaluasi
- Kisi-kisi, kartu, dan Kumpulan Soal
- Analisis Perbaikan dan Pengayaan
2. Administrasi Kesiswaan
- Pengisian Daftar Kemajuan Siswa
- Kegiatan Bimbingan Penyuluhan
- Daftar Keadaan Siswa
- Daftar Hadir Siswa
- Buku Klaper
- Program Kerja Osis
- Surat Pemanggilan Orang Tua / Wali
3. Administrasi Tatalaksana / Ketata Usahaan
- Struktur Organisasi Siswa
- Buku Induk Siswa
- Mutasi Siswa
- Data Peserta Ujian, Kelulusan, dan Penyerahan STTB
- Agenda Surat Masuk dan Keluar
- Buku Ekspedisi
- Notulen Rapat Dewan Guru
- Buku Tamu Umum
- Program Kerja Sekolah
4. Administrasi Sarana dan Prasarana
- Buku Induk Investaris
- Catatan Keluar Masuk Inventaris
- Laporan Inventaris Tiap Ruangan
- Buku Stok Barang
5. Administrasi Personal Sekolah / Kepegawaian
6. Administrasi Keuangan
7. Administrasi Hubungan Sekolah dengan Masyarakat (HUMAS)
8. Administrasi Penunjang
C. Sasaran Kegiatan
- Memberikan pengalaman dan keterampilan pada mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan
- Memberikan pelayanan yang profesional dalam berbagai bidang masalah
- Memberikan kesempatan kepada Mahasiswa untuk mempelajari dan memahami ruang lingkup kerja sebelum terjun langsung dalam bekerja di sekolah, instusi, dan perusahaan
- Meningkatkan kerjasama antara Perguruan tinggi dengan Lembaga pemerintah dan Non Pemerintahan dalam melaksanakan pembangunan.
- Sebagai ajang beradaptasi bagi Mahasiswa pada lingkungan masyarakat yang baru.
D. Tujuan
Program
kegiatan kuliah kerja lapangan (KKL) adalah mata kuliah yang wajib
dirempuh oleh setiap mahasiswa, yang tujuannya adalah sebagai berikut:
- Mahasiswa dapat menerapkan, mengembangkan kemampuan akademik, dan memperkya ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Mahasiswa dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan secara langsung.
- Mahasiswa dapat mempersiapkan diri dalam menerapkan dan mengembangkan pengetahuan.
E. Manfaat
Kegiatan kuliah kerja lapangan (KKL) yang dilaksanakan oleh mahasiswa
pada sekolah atau kantor memiliki manfaat antara lain:
- Mahasiswa dapat mempergunakan ilmu pengetahuan dan teknologi secara benar
- Memberikan bantuan keahlian sesuai dengan kondisi.
- Mahasiswa dapat mengetahui gambaran umum tentang Pendidikan.
BAB II
KEADAAN UMUM
A.Struktur Organisasi
Struktur Organisasi adalah susunan yang terdiri dari fungsi dan tugas
yang sesuai dengan bidangnya. Struktur organisasi SMP Negeri 3 Tanjung
Raja dipimpim oleh Kepala Sekolah dan dibantu oleh wakil kepala sekolah,
yaitu:
1) Wakil kepala sekolah kurikulum
2) Wakil kepala sekolah kesiswaan
3) Wakil kepala sekolah sarana dan prasarana
4) Wakil kepala sekolah Hubungan Masyarakat
B. Tugas dan Fungsi Pengelolah Sekolah
Adapun tugas dan fungsi dari pengelolah SMP Negeri 3 Tanjung Raja adalah sebagai berikut:
- Kepala Sekolah
1.1 Kepala sekolah sebagai Edukator
a) Kepala sekolah sebagai edukator bertugas melaksanakan proses belajar mengajar secara efektif dan efisien.
1.2 Kepala sekolah sebagai manajer
a. Menyusun perencanaan
b. Mengorganisasikan kegiatan
c. Mengarahkan kegiatan
d. Mengkoordinasikan kegiatan
e. Melaksanakan pengawasan
f. Melakukan evaluasi terhadap kegiatan
g. Menentukan kebijakan
h. Menyelenggarakan rapat
i. Mengambil keputusan
j. Mengatur proses belajar mengajar
k. Mengatur administrasi ketatausahaan, siswa, ketenagaan, sarana dan prasarana, keuangan / RAPBS
l. Mengatur Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)
m. Mengatur hubungan hubungan sekolah dan instansi terkait
1.3 Kepala sekolah sebagai administrator, menyelenggarakan administrasi:
a. Perencanaan k. Keuangan
b. Pengorganisasian l. Perpustakaan
c. Pengarahan m.Laboratorium
d. Pengkoordinasian n. Ruang
keterampilan/kesenian
e. Pengawasan konseling o. Bimbingan
f. Kurikulum p. UKS
g. Kesiswaan q. OSIS
h. Ketenagaan r. Media belajar
i. Ketatausahaan s. Gudang
j. Kantor t. 7K
1.4 Kepala sekolah sebagai supervisor, menyelenggarakan supervise sebagai berikut:
- Proses belajar mengajar
- Kegiatan bimbingan dan konseling
- Kegiatan ekstra kurikuler
- Kegiatan ketatausahaan
- Kegiatan kerja sama dengan masyarakat dan instansi terkait
- Sarana dan prasarana
- OSIS
- 7K
1.5 Kepala sekolah sebagai pemimpin / leader:
a. Dapat dipercaya, jujur, dan bertanggung jawab
b. Memahami kondisi guru, karyawan, dan siswa
c. Mimiliki dan memahami Visi dan Misi sekolah
d. Mengambil keputusan urusan interm dan eksterm sekolah
1.6 Kepala sekolah sebagai inovator
- Melakukan perbaikan di bidang (kegiatan belajar mengajar, bimbingan konseling, ekstra kurikuler, pengadaan)
- Melaksanakan pembinaan guru dan karyawan
- Melakukan pembaharuan dalam upaya menggali sumber daya komite sekolah dan masyarakat
1.7 Kepala sekolah sebagai motivator
- Mengatur ruang Kantor yang kondusif untuk bekerja
- Mengatur ruang kelas yang kondusif untuk kegiatan belajar mengajar
- Mengatur ruang Kantor yang kondusif untuk kegiatan Bimbingan dan Konseling
- Mengatur ruang laboratorium yang kondusif untuk praktikum
- Mengatur ruang perpustakaan yang kondusif untuk belajar
- Mengatur halaman dan lingkungan sekolah yang sejuk dan teratur
- Menciptakan hubungan kerja yang harmonis sesame guru dan karyawan
- Menciptakan hubungan kerja yang harmonis antara warga sekolah dengan masyarakat
- Menerapkan prinsip penghargaan dan hukuman
- Dalam melaksanakan tugas-tugasnya kepala sekolah ddapat mendelegasikannya kepada wakil kepala sekolah
- Wakil Kurikulum
- Mengkoordinasikan kegiatan kurikulum, kesiswaan, sarana prasarana, dan humas
- Menyusun pelaksanaan UN
- Perencanaan dan melaksanakan PSB
- Melaksanakan daya serap, KKM
- Menyusun jadwal supervise
- Menyusun SK pembagian tugas dalam membina kegiatan ekstra kurikuler
- Menyusun dan menjabarkan kalender pendidikan
- Wakil Kesiswaan
- Menyusun program pembinaan kesiswaan OSIS
- Melaksanakan bimbingan, pengarahan, dan pengendalian kegiatan siswa/OSIS dalam rangka menegakkan disiplin dan tata tertib sekolah
- Menata data siswa (buku induk; kuhort; keadaan siswa, dll)
- membina dan melaksanakan 7K
- Memberikan pengarahan dan pemilihan pengurus OSIS
- Melakukan pembinaan pengurus OSIS dalam berorganisasi
- Menyusun program dan jadwal pembinaan siswa secara berkala dan incidental
- Melaksanakan pemilihan siswa telada, calon siswa penerima bea siswa, dan paskibra
- Melaksanakan pemilihan siswa untuk mewakili sekolah dalam kegiatan di luar sekolah
- Perencanaan dan melaksanakan MOS
- Mengkoordinir kegiatan ektra kurikuler / pengembangan diri
- menyelenggarakan hari-hari besar nasional, hari besar islam, dan upacara bendera senin
- laporan bulanan rekap kehadiran siswa
- Menyusun jadwal petugas / Pembina upacara bendera
- Mewakili kepala sekolah berhalangan (pelimpahan tugas)
- Wakil Humas
- Menyusun pembagian tugas dan tanggung jawab komite
- Menyusun program kerja tahunan bersama pengurus komite
- Menyiapkan notulen rapat
- Pengarsipan surat panggilan wali murid
- Membina dan melaksanakan 7 K
- Mewakili kepala sekolah berhalangan (pelimpahan tugas)
- Sarana dan Prasarana
- Menyusun buku induk inventaris barang
- Menyusun buku catatan keluar masuk barang inventaris
- Merencanakan dan mengusulkan kebutuhan barang / program kebutuhan
- Membuat laporan bulanan / triwulan / semester keadaan barang
- Menyusun daftar inventaris peruanangan
- Pengarsipan surat pengadaan / pemakaian / penghapusan
- Melaksanakan penomoran inventaris setiap barang
- pengaturan / penyimpanan dan pemakaian
- Pembina OSIS
- Melakukan pemilihan ketua OSIS.
- Menyusun Kepengurusan OSIS
- Menyusun program kegiatan OSIS
- Bagian Perpustakaan
- Menjaga kebersihan ruangan beserta isinya
- Melanjutkan bahan-bahan pustaka
- Membuat katalog buku, kartu tanggal kembali, catalog kartu buku, dan lain-lainnya
- Menjaga dan mempertahankan minat baca siswa agar selalu mengunjungi / mempergunakan perpustakaan
- Membuat laporan bulanan perpustakaan sekolah
- Pendataan ulang buku-buku yang ada di perpustakaan
- Bagian Laboratorium
Deskripsi tugas penanggung jawab laboratorium:
a. Bertanggung jawab atas kelengkapan administrasi laboratorium IPA
b. Bertanggung jawab atas kelengkapan penggunaan laboratotium IPA
c. Mengusulkan kepada kepala sekolah tentang pengadaan alat dan bahan laboratorium IPA
Deskripsi tugas Labor:
a. Mengerjakan administrasi laboratorium
b. Mempersiapkan dan menyimpan kembali alat dan bahan yang digunakan dalam KBM IPA
c. Bertanggung jawab atas kebersihan ruangan dan alat laboratorium
d. Memperbaiki alat yang rusak atau tidak berfungsi
- Bimbingan Konseling
a. Menyusun program dan melaksanakan bimbingan konseling
b. Melaksanakan koordinasi dengan wali kelas dalam rangka mengatasi masalah-masalah yang dihadapi siswa tentang kesulitan belajar
c. Memberikan layanan dan bimbingan kepada siswa agar lebih berprestasi dalam kegiatan belajar
d. Memberikan
saran dan pertimbangan kepada siswa dalam memperoleh gambaran tentang
lanjutan pendidikan dan lapangan pekerjaan yang sesuai
e. Melaksanakan penilaian tentang pelaksanaan bimbingan konseling
f. Menyusun statistik hasil penilaian bimbingan konseling
g. Melaksanakan kegiatan analis hasil evaluasi belajar
h. Menyusun dan melaksanakan program tintack lanjut bimbingan konseling
i. Menyusun laporan pelaksanaan bimbingan konseling
- Bagian Tata Usaha
- Menerima surat masuk / kir
- Membagikan gaji guru / pegawai
- Melayani kenaikan pangkat dan berkala guru
- Membuat laporan kuisioner
- Pengetikan DP. 3
- Pengetikan surat penting
- Wali Kelas
- Pengelolaan kelas
- Penyelenggaraan administrasi kelas, meliputi:
- Denah tempat duduk siswa
- Papan absensi siswa
- Daftar pelajaran kelas
- Daftar piket kelas
- Buku absensi siswa
- Buku kegiatan pembelajaran / buku kelas
- Tata tertib kelas
- Penyusunan atau pembuatan statistik bulanan siswa
- Pengisian daftar kumpulan nilai siswa (legger)
- Pembuatan catatan khusus tentang siswa
- Pencatatan mutasi siswa
- Pengisian Buku Laporan Penilaian Hasil Belajar
- Pembagian Buku Laporan Penilaian Hasil Belajar
- Pelatih Ekstrakurikuler
a) Melatih dan membina siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 3 Tanjung Raja
C. Keadaan Lingkungan Fisik Sekolah
SMP
Negeri 3 Tanjung Raja adalah sekolah yang berstandar Nasional yang
bertempat di Jalan Belanti Desa Belanti Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten
Ogan Ilir. Secara tofografi luas lahan SMP Negerri 3 Tanjung Raja
adalah 1.000 m2, 2.432 m2 terbangun, luas tanah siap bangun 432m2, luas
lantai atas siap bangun 324 m2. Bangunan ini terdiri dari:
· 15 Ruang Kelas (5 ruang kelas VII, 6 ruang kelas VIII, dan 4 runag kelas IX)
· 1 ruang kepala sekolah
· 1 ruang guru
· 1 ruang wakil
· 1 ruang TU
· 1 ruang komputer
· 1 ruang TVE
· 1 ruang multi media
· 1 ruang BK / UKS
· 1 WC Putri
· 1 WC Putra
· 1 WC Guru
· 1 WC Kepala sekolah
· 1 ruang gudang
· 1 ruang koperasi
· 1 ruang lab. IPA Fisika
· 1 ruang media
· 1 pos PKS
Visi dan Misi dari SMP negeri 3 Tanjung Raja adalah:
a. Visi : “Terwujudnya lulusan yang cerdas, terampil, beriman dan bertaqwa”
b. Misi :
1. Mewujudkan dokumen 1 yang lengkap
2. Mewujudkan perangkat pembelajaran yang lengkap dan relevan sesuai dengan kebutuhan peserta didik
3. Mewujudkan pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional dan berwawasan ke depan
4. Mewujudkan fasilitas pembelajaran yang lengkap sesuai dengan kebutuhan pembelajaran CTL
5. Mewujudkan proses pembelajaran
6. Mewujudkan manajemen berbaris sekolah yang tangguh dan memiliki life skill yang tangguh
7. Mewujudkan pembiayaan pendidikan yang memadai
8. Mewujudkan siswa didik yang terampil TIK
9. Mewujudkan team olah raga dan seni yang tangguh
10. Mewujudkan siswa didik yang memiliki nilai-nilai agama bagi kehidupan sehari-hari
11. Mewujudkan lingkungan sekolah yang nyaman, aman, rindang dan bersih
Dengan Indikator sebagai berikut:
1. Unggul dalam berprestasi akademik dan non akademik
2. Terwujudnya proses pembelajaran yang variatif dan inovatif
3. Terwujudnya administrasi kurikulum yang lengkap, berstandar nasional dan internasional
4. Terwujudnya komitmen dan kompetensi tenaga pendidikan dan kependidikan yang profesional
5. Terwujudnya pengelolaan pendidikan partisipatif, transparan, dan akuntabel
6. Terwujudnya sarana dan prasarana pendidikan yang memadai dan relevan dalam mendukung PBM
7. Terwujudnya sumber dana yang memadai, memenuhi kegiatan sekolah yang berstandar nasional dan internasional
8. Terwujudnya sistem penilaian beragam (multiaspek) untuk semua mata pelajaran dan semua jenjang kelas
9. Terwujudnya lingkungan sekolah yang kondusif, tertib, bersih, indah, ramah.
10. Terwujudnya sumber daya manusia yang beriman dan bertqwa
11. Terwujudnya tatanan sekolah yang santun dan sopan
BAB III
MASALAH DAN ALTERNATIF PERMASALAHAN
A. Metode Pemecahan Masalah
a) Masalah
Proses
kinerja yang baik sudah pasti kita harus melalui sebuah proses dan
sering melakukan kesalahan serta kekeliruan yang merupakan titik awal
dari segala sesuatu yang kita dapat, pengalaman yang sangat berharga
dapat kita peroleh untuk kedepan menjadi lebih baik,begitu juga halnya
dengan proses adrimistrasi di suatu lembaga dalam hal ini di SMP Negeri
03 Tanjung Raja, yang begitu berkesinambungan dengan perbedaan suku,
adat istiadat serta kebiasaan – kebiasaan yang di lakukan setiap
harinya, baik dari suku asli maupun datangan, kemajuan ilmu pengetahuan
yang di peroleh dari perkembangan zaman sangatlah berarti, salah satu
kendala yang baru – baru ini terjadi di SMP Negeri 03 Tanjung Raja yaitu
adalah proses kinerja OSIS yang tidak berjalan sebagai mana program –
program OSIS pada tahun – tahun sebelumnya.
Proses
kinerja OSIS yang tidak berjalan ini semenjak program sekolah Gratis di
laksanakan di sluruh Indonesia dan setiap pendanaan – pendanaan yang
berkaitan dengan kegiatan siswa mempunyai bantuan yang terbatas yang
kita kenal sebagai dana BOS, maka pemerintah melarang guru memungut
biaya kepada siswa walaupun utuk kegiatan sekolah, maka dari itu
kegiatan OSIS di SMP Negeri 03 Tanjung Raja tidak berjalan sebagai mana
tahun – tahun sebelumnya.
Tidak
seperti tahun sebelumnya kegiatan OSIS di danai dari BP3 atau sumbangsi
dari wali murid,sehingga berjalan dengan lancer tetapi pada 2 tahun
belakangan menjadi terbengkalai di sebabkan pendanaan untuk kegiatan
OSIS ini terbatas.
Keterbatasan
penggunaan dana BOS yang tidak bisa di gunkan secara cepat
mengakibatkan kinerja pengelolahan kegiatan – kegiatan yang ada pada
struktur organisasi OSIS di SMP Negeri 03 Tanjung Raja menjadi tidak
relevan dan tidak teratur dengan baik, akibatnya struktur organisasi
OSIS di SMP Negeri 3 Tanjung Raja menjadi kacau, kegiatan – kegiatan
yang dulu nya di lakukan seperti mengadakan lomba kecerdasan,
ketrampilan, lomba antar SMP sekecamatan kini tidak lagi bisa di lakukan
akibat pendanaan yang tidak tentu.
Yang
memprihatinkan lagi pemerintah kecamatan dan kabupaten tidak menyadari
akan hal tersebut karena di kabupaten Ogan Ilir sekarang tatah
pemerintahan tidak mendukung, banyaknya orang – orang yang tidak
memikirkan masa depan anak bangsa walaupun mereka sadar akan hal itu,
akibat yang di rasakan ialah kurangnya semangat belajar bagi siswa –
siswi untuk mengetahui apa gunanya OSIS itu yang sebenarnya.
b) . Alternatife Pemecahan Masalah
Pemecahan
masalah yang sekarang di hadapi oleh SMP Negeri 03 Tanjung Raja adalah
pembentukan suatu badan pengurus keuangan yang di khususkan untuk
penggalangan dana organisasi OSIS di SMP Negeri 03 Tanjung Raja, yang
mempunyai izin dari pemerintah setempat agar tidak menyalahi aturan dan
hukum yang berlaku, hal tersebut di lakukan agar kegiatan yang ada pada
struktur organisasi OSIS di SMP Negeri 03 Tanjung Raja berjalan lagi
yang sebagaimana mestinya, karena kegiatan organisasi OSIS di SMP Negeri
03 Tanjung Raja sanagatlah penting dilakukan agar terciptanya Sumber
Daya Manusia yang matang dan bermanfaat untuk nusa dan bangsa kita
tercinta.
B. Jadwal Pelaksanaan
Kegiatan kuliah kerja lapangan ini di laksanakan pada tanggal 26 juli 2010 sampai dengan 28 agustus 2010 di SMP Negeri 03 Tanjung Raja Ogan. Adapun waktu kerja praaktek mengikuti jam sekolah pada umumnya.
Hari senin, selasa, rabu, dan kamis mulai pukul 07.30 WIB sampai pukul
13.10 WIB, hari jumat mulai pukul 07.30 WIB sampai pukul 11.30 WIB, dan
hari sabtu mulai pukul 07.30 WIB sampai pukul pukul 12.30 WIB.
BAB IV
PELAKSANAAN DAN HASIL KEGIATAN
A. Tahap Pelaksanaan Kegiatan
Jadwal Kegiatan Praktek di SMP Negeri 3 Tanjung Raja
No
|
Hari/Tanggal
|
Uraian Kegiatan
|
1
|
Senin
26 Juli 2010
|
· Mengikuti upacara bendera
· Serah terima Mahasiswa KKL Universitas PGRI Palembang ke SMP Negeri 3 Tanjung Raja
· Perkenalan dengan guru-guru, staf TU, dan lingkungan sekolah
|
2
|
Selasa
27 Juli 2010
|
· Pembagian tugas KKL
· Mencari data Administrasi tentang sekolah di Tata Usaha
· Memcatat data-data yang penting di bagian TU
|
3
|
Rabu
28 Juli 2010
|
· Mengawasi siswa piket
· Absen keliling
· Melihat lokasi perpustakaan
· Menyusun buku di perpustakaan
· Mencatat arsip buku di perpustakaan
|
4
|
Kamis
29 Juli 2010
|
· Mengawasi siswa piket kelas dan lapangan
· Membantu pengelola perpustakaan membersihkan perpustakaan
· Absen keliling
· Mengetik fungsi dan tugas kepala sekolah
|
5
|
Jumat
30 Juli 2010
|
· Mengawasi siswa piket
· Membersihkan perpustakaan
· Membaca yasin bersama
· Absen keliling
· Mencari data tentang administrasi bagian kurikulum
|
6
|
Sabtu
31 Juli 2010
|
· Membantu pengelola perpustakaan membersihkan perpustakaan
· Mengawasi siswa piket kelas dan lapangan
· Senam SKJ bersama-sama
· Absen keliling
· Mencari data tentang tugas bagian Bimibingan Konseling
|
7
|
Senin
2 Agustus 2010
|
· Mengikuti pelaksanaan upacara bendera
· Absen keliling
· Mencatat penggunaan anggaran bos
· Mencari data tentang administrasi perpustakaan
|
8
|
Selasa
3 Agustus 2010
|
· Mengawasi siswa piket lapangan
· Absent keliling
· Mencari data tentang HUMAS
|
9
|
Rabu
4 Agustus 2010
|
· Absen keliling
· Membersihkan perpustakaan
· Membuat daftar nama wali kelas dan ketua kelas bersama teman-teman KKL
|
10
|
Kamis
5 Agustus 2010
|
· Membantu pengelola perpustakaan membersihkan dan menyusun buku di perpustakaan
· Mengawasi siswa piket kelas dan lapangan
· Absen keliling
· Berkonsultasi kepada Mentor tentang informasi mengenai sekolah
|
11
|
Jumat
6 Agustus 2010
|
· Mengawasi siswa piket lapangan
· Membaca yasin bersama
· Mencari data tentang administrasi kepegawaian
|
12
|
Sabtu
7 Agustus 2010
|
· Mengawasi siswa piket lapangan
· Senam bersama
· Melatih Ekstrakurikuler
|
13
|
Senin
9 Agustus 2010
|
· Mengikuti upacara bendera
· Absent keliling
· Mencari data tugas bagian Kesiswaan
|
14
|
Jumat
13 Agustus 2010
|
· Membaca yasin bersama
· Absen keliling
|
15
|
Sabtu
14 Agustus 2010
|
· Absen keliling
· Mengikuti kegiatan imtaq
· Menempelkan papan nama setiap ruangan
|
17
|
Senin
16 Agustus 2010
|
· Absen keliling
· Mengawasi siswa piket kelas dan lapangan
· Mencari informasi bagian administrasi sarana dan prasarana
|
18
|
Selasa
17 Agustus 2010
|
· Mengikuti upacara kemerdekaan di Lapangan Bola Tanjung Raja
|
19
|
Rabu
18 Agustus 2010
|
·
|
20
|
Kamis
19 Agustus 2010
| |
21
|
Jumat
20 Agustus 2010
| |
22
|
Sabtu
21 Agustus 2010
| |
23
| ||
24
| ||
25
|
B. Hasil
Dari hasil Kuliah Kerja Lapangan (KKL) yang dilakukan di SMP Negeri 3
Tanjung Raja, penulis dapat memahami dan mampu melaksanakan beberapa
kegiatan khususnya pada bagian administrasi sekolah. Melalui KKL ini
penulis dapat mengetahui kesulitan-kesulitan yang terdapat di SMP Negeri
3 Tanjung Raja. Selain itu, penulis dapat berpartisipasi dalam
mengatasi masalah-masalah yang terdapat di SMP Negeri 3 Tanjung Raja.
C.Pembahasan
Kuliah
kerja lapangan (KKL) difokuskan di bagian administrasi untuk menerapkan
ilmu yang didapat untuk belajar secara langsung mengenai bagian
administrasi tersebut.
I. Administrasi Kepala Sekolah
Kepala
sekolah memiliki peranan yang penting dalam kemajuan sekolah. Selain
itu dia juga bertanggung jawab kepada seluruh kegiatan perkembangan
sekolah.
Administrasi kepala sekolah SMP Negeri 03 Tanjung Raja sudah cukup baik yang meliputi:
1. Program kerja sekolah SMP Negeri 03 Tanjung Raja
2. Kalender pendidikan
Mempedomani
Peraturan Pemerintah (PP) 19 Tahun 2005 tentang Badan Standar Nasional
pendidikan (BSNP) khususnya standar isi, Kalender Pendidikan tahun
pembelajaran 2010/2011 di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten sebagai
berikut:
a. Permulaan tahun pembelajaran 2010/2011 di mulai tanggal 19 Juli 2010 dan berakhir tanggal 25 Juni 2011.
b. Siswa
baru Kelas VII pelaksanaan Masa Orientasi Siswa (MOS) dilaksanakan
tanggal 15, 16 dan 17 Juli 2010, sehingga tgl 19 juli 2010 sudah efektif
dalam kegiatan proses belajar mengajar untuk seluruh jenjang kelas.
c. Beban belajar kegiatan tatap muka perjam pembelajaran pada masing-masing satuan pendidikan ditetapkan sebagai berikut:
SMP
berlangsung selama 40 menit perjam pembelajaran dengan jumlah jam tatap
muka minimal 34 jam,maksimal 41 jam pembelajaran perminggu
d. Kegiatan Tengah Semester:
Melaksanakan kegiatan evaluasi ulangan mid semester yaitu :
- Mid Semester Gazal minggu ketiga bulan Oktober 2010
- Mid Semester Genap minggu kedua bulan Maret 2011
e. Penilaian Hasil Belajar :
Pelaksanaan Ulangan Semester
· Semester Gazal dillaksanakan minggu ketiga dan keempat bulan Desember 2010
· Semester Genap dilaksanakan minggu kedua dan ketiga bulan Juni 2011
f. Libur akhir semester:
· Semester Gazal tanggal 3 s.d 8 Januari 2011
· Semester Genap tanggal 27 Juni s.d 16 Juli 2011.
g. Libur Bulan Ramadhan
- Satu hari sebelum bulan Ramadhan dan dua hari sebelum di awal bulan Ramadhan untuk seluruh sekolah .
- Libur dalam rangka Idul Fitri enam hari sebelum tanggal 1 Syawal yang ditetapkan oleh Menteri Agama untuk seluruh sekolah.
- Libur
dalam rangka Idul Fitri berlangsung selama enam hari sesudah tanggal 1
Syawal yang ditetapakan oleh Menteri Agama untuk seluruh sekolah.
h. Pelaksanaan
proses pembelajaran selama bulan Ramadhan 1431 Hijriah dikurangi 10
menit setiap jam pembelajaran pada masing-masing siswa pendiddikan.
3. Perangkat kurikulum
Kurikulum
berperan penting dalam proses pendidikan di sekolah, yaitu sebagai
acuan atau pedoman dalam proses belajar mengajar, perangkat kurikulum di
SMP Negeri 03 Tanjung Raja sudah berjalan dengan baik yang dilaksanakan
oleh Bapak Achmad ifkiyanto, S.Pd selaku kepala kurikulum di SMP Negeri
03 Tanjung Raja, yang dibantu oleh dewan guru serta perangkatnya.
4. Buku Tamu Umum
Buku
tamu umum berfungsi sebagai bukti fisik atas tamu umum yang datang ke
SMP Negeri 03 Tanjung Raja, setiap tamu yang datang ke SMP Negeri 03
Tanjung Raja wajib mengisi buku tamu yang sudah di sediakan, yang
meliputi hari dan tanggal kunjungan, nama jabatan, alamat, tujuan
kunjungan dan tanda tangan.
5. Notulen Rapat
Notulen
rapat yang berisi catatan tentang berjalannya rapat di SMP Negeri 3
Tanjung Raja. Di dalam notulen rapat ini dimulai dengan pengisian
daftar hadir peserta rapat, susunan acara rapat, isi rapat serta
kesimpulan yang di lengkapi dengan stempel dan tanda tangan kepala
sekolah dan notulis.
II. Administrasi Kesiswaan
a. Buku Induk Siswa
Buku
Induk Siswa ini berisikan data-data siswa, yaitu nama lengkap siswa,
alamat siswa, keterangan tentang orang tua siswa, daftar nilai siswa
selama menempuh pendidikan di sekolah tersebut. Buku induk siswa diisi
oleh sekolah yang bersangkutan.
b. Buku Klaper
Buku klaper adalah buku yang berisikan data dari buku Induk yang diurutkan berdasarkan abjad nama siswa.
c. Buku Mutasi Siswa
Buku ini berfungsi untuk mendata siswa-siswi yang pindah sekolah,
tinggal kelas, serta untuk mendata siswa yang masuk sekolah dari sekolah
lain.
d. Struktur OSIS
- Kepala sekolah
Kepala sekolah berperan dalam kegiatan Osis sebagai pelindung dan penasehat dalam pelaksanaan dalam kegiatan Osis.
- Pembina OSIS
Pembina OSIS berperan sebagai pengawas, pembimbing, serta mengarahkan sistem kerja kegiatan OSIS.
Tugas Pembina OSIS SMP Negeri 3 Tanjung Raja:
· Melakukan pemilihan ketua OSIS.
· Menyusun Kepengurusan OSIS
· Menyusun program kegiatan OSIS
- Wakil Ketua
· Bersama-sama ketua menetapkan kebijaksanaan
· Bertanggung jawab kepada ketua
· Menggantikan ketua jika berhalangan
- Sekretaris
· Bersama ketua menandatangani setiap surat
· Mendampingi ketua dalam memimpin setiap rapat
· Bertanggung jawab atas tertib administrasi organisasi
- Wakil sekretaris
· Aktif membantu pelaksanaan tugas sekretaris
· Menggantikan sekretaris jika sekretaris berhalangan
- Bendahara dan Wakil Bendahara
- Bertanggung jawab dan mengetahui segala pemasukan pengeluaran uang atau biaya yang diperlukan
- Menyampaikan laporan keuangan secara berkala
- Ketua Seksi
· Bertanggung jawab atas keseluruhan keguitan seksi yang menjadi tanggung jawabnya
· Menetapkan kebijaksanaan seksi dan mengambil keputusan
III. Administrasi Kepegawaian
- Buku Induk Pegawai
Buku induk pegawai ini merupakan kumpulan data yang berisi
tentang data nama-nama pegawai di sekolah yang bersangkutan. Buku ini
terdiri dari keterangan pribadi pegawai, keterangan tempat tinggal,
keterangan kepegawaian, dan lain-lain.
- Daftar keadaan guru / pegawai
Dalam
hal ini penulis malampirkan Daftar keadaan guru / pegawai yang berisi
nama, NIP, Golongan, TMT, tempat tanggal lahir, ijazah (tertinggi,
jurusan, tahun), CPNS, jumlah jam, dan tugas di sekolah TMT.
- Daftar hadir pegawai & Guru ( Rekapitulasi & persentasi kahadiran guru/pegawai setiap bln)
Daftar
hadir pegawai ini berfungsi untuk mengetahui persentase kehadiran guru /
pegawai yang sering masuk dan yang sering tidak masuk.
- Daftar Urut Kepangkatan (DUK)
Daftar
Urut Kepangkatan adalah daftar urutan pangkat guru dan pegawai. Tujuan
dari DUK ini adalah untuk mengetahui urutan pangkat tertinggi sampai
yang terendah.
- Map Kumpulan SK Guru/Pegawai
Merupakan map kumpulan SK Guru/Pegawai yang bertujuan untuk mengetahui surat keputusan yang diterima oleh pegawai.
- Kumpulan DP3 Pegawai
DP3
Pegawai ( Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan Pegawai ) adalah
daftar yang berisi sekumpulan penilaian atas prestasi yang telah
dilakukan. DP3 Pegawai terdiri dari nama orang yang dinilai, pejabat
penilai, atasan pejabat penilai, dan penilaian.
- Laporan bulanan sekolah kepada atasan
- Kumpulan peraturan dan Tata tertib sekolah
Di
SMP Negeri 3 Tanjung Raja terdapat peraturan dan tata tertib sekolah,
yang bertujuan untuk memajukan sekolah tersebut. Contohnya, tata tertib
siswa SMP Negeri 3 Tanjung Raja, tata tertib perpustakaan, tata tertib
laboratorium, dan lain-lain.
IV. Administrasi Perpustakaan
- Daftar buku perpustakaan berdasarkan klasifikasi buku
Klasifikasi buku di SMP Negeri 3 Tanjung Raja bertujuan untuk mempermudah melihat golongan buku yang ada di perpustakaan.
No.
|
Jenis
|
Jumlah
|
Kondisi
| |
Rusak
|
Baik
| |||
1.
|
Buku siswa/pelajaran (semua mata pelajaran)
|
2100
|
-
|
√
|
2.
|
Buku bacaan (misalnya novel, buku ilmu pengetahuan dan teknologi, dsb.)
|
2547
|
-
|
√
|
3.
|
Buku referensi (misalnya kamus, ensiklopedia, dsb.)
|
239
|
-
|
√
|
5.
|
Jurnal
|
6
|
-
|
√
|
6.
|
Majalah
|
54
|
-
|
√
|
7.
|
Surat kabar
|
5
|
-
|
√
|
8.
|
Lainnya: Buku Fiksi
|
887
|
-
|
√
|
Total
|
5838
|
-
|
√
|
- Daftar pengunjung perpustakaan setiap hari
Buku
pengunjung siswa merupakan buku laporan nama-nama pengunjung
perpustakaan di SMP Negeri 3 Tanjung Raja. Tujuan dari daftar pengunjung
perpustakaan adalah untuk memudahkan pengelola dalam membuat laporan
bulanan dan tahunan.
- Kartu peminjam/ Daftar peminjam
Melalui
kartu pinjaman pengelola perpustakaan dapat mengetahui buku-buku yang
dipinjam oleh siswa sehingga pengelolaan buku di perpustakaan akan
menjadi lebih teratur.
- Katalog
Katalog
terdapat 3 katalog, yaitu Katalog buku, catalog subjek, dan katalog
judul. Di perpustakaan di SMP Negeri 3 Tanjung Raja terdapat 1 katalog
yaitu katalog judul. Tujuan dari katalog ini adalah untuk mempermudah
mencari buku dan mendata buku.
- Kartu buku
Kartu
buku ini bertujuan untuk mengetahui nomor buku yang terdapat di
belakang buku, sehingga mempermudah siswa dalam proses meminjam buku di
perpustkaan SMP Negeri 3 Tanjung Raja.
- Tata tertib Pengunjung
Pengelola
perpustakaan di SMP Negeri 3 Tanjung Raja yaitu Era Gustini yang
memiliki peranan penting dalam mengelola perpustakaan. Pengelola
perpustakaan berusaha memberikan yang terbaik untuk perpustakaan. Dengan
adanya tata tertib di perpustakaan memberikan kenyamanan bagi siswa
karena dengan adanya peraturan perpustakaan akan menjadi tertib.
- Laporan Pengelolaan perpustakaan setiap bulan
Laporan
untuk mengetahui keadaan perpustakaan setiap bulannya, sehingga bisa
mengetahui grafik jumlah siswa yang masuk perpustakaan setiap bulannya.
V. Administrasi Bimbingan dan Konseling
Melalui
bimbingan konseling siswa yang bermasalah akan diberikan arahan dan
nasehat dalam mengahadapi permasalahan. Tugas dari bimbingan konseling
adalah Melaksanakan koordinasi dengan wali kelas dalam rangka mengatasi
masalah-masalah yang dihadapi siswa tentang kesulitan belajar,
memberikan layanan dan bimbingan kepada siswa agar lebih berprestasi
dalam kegiatan belajar.
VI. Administrasi Ketatausahaan
Nama / NIP
|
Gol
|
TMT
|
Jabatan
|
Tugas Pokok
|
Mispariah
19640708 199203 1 007
|
II / d
|
01-04-2004
|
Kepala
TU
|
-Pengetikan DP. 3
-Pengetikan surat penting
-Menerima surat masuk / kir
-Membagikan gaji guru / pegawai
-Melayani kenaikan pangkat dan berkala guru
Membuat laporan kuisioner
|
S. Tajudin
|
II / b
|
01-04-2004
|
Staf
|
-Membuat laporan bulanan dan laporan triwulan
-Melayani legalisir
-Pengetikan surat penting
-Pengarsipan surat masuk dan surat keluar
|
-inventaris barang
-pengetikan surat penting
-melayani legalisir
-pengarsipan surat masuk dan keluar
-pengesitan soal-soal
| ||||
-pengisian buku induk
-pemindahan buku legger ke buku induk
-melayani legalisir
-pengesitan soal-soal
|
VII. Administrasi Keuangan
RAPBS
Rencana
Anggaran Penerimaan dan Belanja Sekolah (RAPBS) adalah perencanaan
anggaran perkiraan selama 1 tahun. Misalnya perkiraan jumlah uang masuk
dan jumlah uang pengeluaran selama satu tahun. Adapun uang pengeluaran
tersebut untuk belanja barang / kesejahteraan guru, belanja barang,
langganan dan jasa, kegiatan belajar dan mengajar, kegiatan siswa
(kegiatan untuk ujian nasional, kegiatan untuk semester genap, kegiatan
untuk lomba-lomba), pemberian subsidi siswa, biaya pemeliharaan, biaya
lainnya (minum guru / pegawai, kegiatan rapat dinas).
BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
Dari
kegiatan KKL yang di laksanakan di SMP Negeri 03 Tanjung Raja, dapat di
simpulkan bahwa pelaksanaan KKL ini banyak memberikan pengetahuan dan
ilmu- ilmu baru yang dapat digunakan untuk bekal menuju masa depan yang
cerah, sehingga mahasiswamampu menjadi anggota di alangan masyarakat
untuk membentuk satu
kepribadian yang menunjang kemampuan akademik dalam menetapkan,
mengembangkan dan memperkaya ilmu pengetahuan serta teknologi dalam
bidangnya administrasi sekolah khususnya di bidang anministrasi
kesiswaan atau administrasi organisasi OSIS dan kegiatan – kegiatan yang
lainya.maka dari itu penyusun dapat menarik kesimpulan sebagai berikut,
yaitu :
1. Kegiatan organisasi OSIS
di sekolah sangatlah penting menggingat besarnya minat siswa terhdap
kegiatan tersebut, tapi sayangnya kegiatan tersebut mempunyai
keterbatasan dari segi pendanaan, tetapi hal tersebut baru terjadi semenjak program sekolah Gratis di laksanakan di seluruh Indonesia dan setiap pendanaan – pendanaan yang berkaitan dengan kegiatan siswa mempunyai batasan – batasanya, yang mengakibatkan kinerja organisasi osis di SMP Negeri 03 Tanjung Raja menjadi terbengkalai.
2. Dalam
proses administrasi telah ada pembagianya dan tetapan- tetapan yang
telah di atur dengan baik oleh pihak yang mengatur dalam hal ini adalah
pihak sekolah yang mengatur penempatan administrasi pembagian –
pembagian tugas pada masing – masing posnya, dalam hal ini kepala
sekolah sebagai pimpinanya dan kepala bagian kesiswaan menjadi pimpinan
yang mengatur administrasi untuk kesiswaan khususnya administrasi untuk
kegiatan OSIS, dan kegiatan admistrasi sekolah yang di atur oleh kepala
tata usaha dan kepala kurikulum untuk kegiatan administrasi sekolah.
3. Mushola
yang tidak tepakai sehingga di bentuk menjadi ruangan kelas VIII,
kegiatan atau proses ibadah sholat kini tidak pernah di lakukan karena
alasan kekurangan ruangan untuk kelas VIII, dan kegiatan sholat juga
bisa di lakukan di rumah karena siswa – siswi pulang pukul 13:20 WIB
sehingga masih sempat di lakukan di rumah.
4. Ruangan
multimedia yang rusak kini hanya bisa di gunkan untuk kegiatan
pembelajaran siswa tentang internet, dan kegiatan yang lainya, ruangan
yang tidak bisa di gunakan sebagaimana mestinya.
B. Saran
Beberapa saran yang dapat penyusun berikan kepada sekolah ini di antaranya, yaitu :
1. Adanya
program khusus yang di gunakan untuk pembentukan suatu badan pengurus
keuangan yang di khususkan untuk penggalangan dana organisasi OSIS di
SMP Negeri 03 Tanjung Raja, yang mempunyai izin dari pemerintah
setempat, hal tersebut di lakukan agar kegiatan yang ada pada struktur
organisasi OSIS di SMP Negeri 03 Tanjung Raja berjalan lagi yang
sebagaimana semestinya, agar tidak membuat kegiatan OSIS yang sekarang
berlarut – larut tanpa adanya perubahan yang signifikan.
2. Pembagian
tugas dari kegiatan yang ada di SMP Negeri 03 Tanjung Raja tidak perlu
lagi mengalami perubahan karena, kegitan yang ada sekarang ini sudah
baik.
3. Pembuatan
ruangan untuk sholat dapan menjadi pengganti ruangan musholah yang di
jadikan ruangan kelas yang sekarang ini, akan membantu terwujudnya
seorang generasi yang cerdas, regilius, dan spiritual agar tujuan dari
pendidikan nasional mudah dan cepat tercapai.
4. Perbaikan
alat – alat pembelajaran multimedia yang rusak dapat membantu
kenyamanan dan daya tarik siswa untuk belajarpun menjadi termotivasi,
tapi kita tidak lpas dari mengingat pendanaan yang sekarang ini masih
terlalu minimbagi sekolah – sekolah yang ada di daerah seperti halnya
SMP Negeri 03 Tanjung Raja.
0 Kommentare on Contoh Laporan PPL | Praktek Pengalaman Lapangan SMA - SMP - MTs - SD - MI :
Silahkan berkomentar yang baik dan Jangan Spam !