PROPOSAL
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Judul : UPAYA
MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PAI MELALUI PEMBERIAN TUGAS BAGI SISWA
KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI NGEMBALREJO 01 BAE KABUPATEN KUDUS TAHUN
2012
Bidang Kajian : Pendidikan Agama Islam dengan pemanfaatan media LCD
A. PENDAHULUAN
Faktor
terpenting di dalam peningkatan kuantitas dan kualitas pengajaran
adalah guru. Hal ini menuntut perubahan-peruubahan dalam
mengorganisasikan kelas, penggunaan metode mengajar, strategi belajar
mengajar, maupun sikap dan karakteristik guru dalam mengelola proses
belajar mengajar. Guru berperan sebagai pengelola proses
belajar-mengajar, bertindak sebagai fasilitor yang berusaha mencipatakan
kondisi belajar mengajar yang efektif, sehingga memungkinkan proses
belajar mengajar, mengembangkan bahan pelajaran dengan baik, dan
meningkatkan kemampuan siswa untuk menyimak pelajaran dan menguasai
tujuan-tujuan pendidikan yang harus mereka capai. Untuk memenuhi hal
tersebut, guru dituntut mampu mengelola proses belajar mengajar yang
memberikan rangsangan kepada siswa, sehingga ia mau belajar karena
siswalah subyek utama dalam belajar.
Kegiatan
belajar bersama dapat membantu memacu belajar aktif. Kegiatan belajar
dan mengajar di kelas memang dapat menstimulasi belajar aktif. Namun
kemampuan untuk mengajar melalui kegiatan kerjasama kelompok kecil akan
memungkinkan untuk menggalakkan kegiatan belajar aktif dengan cara
khusus. Apa yang didiskusikan siswa dengan teman-temannya dan apa yang
diajarkan siswa kepada teman-temannya memungkinkan mereka untuk
memperoleh pemahaman dan penguasaan materi pelajaran.
Pembelajaran
Agama Islam tidak lagi menfokuskan pada penyerapan melalui pencapaian
informasi semata tetapi lebih mulai diarahkan pada pengembangan
kemampuan dan pemrosesan informasi. Untuk itu aktifitas siswa dalam
pembelajaran perlu ditingkatkan melalui latihan-latihan atau tugas
dengan bekerjasama dalam kelompok kecil dan menjelaskan ide-ide kepada
orang lain. (Hartoyo, 2000: 24).
Oleh
karena itu upaya peningkatan motivasi belajar PAI bagi siswa juga harus
menjadi perhatian para guru. Di antara kiat yang perlu dilakukan oleh
guru dalam upaya tersebut adalah pemberian tugas.
B. PERUMUSAN DAN PEMECAHAN MASALAH
1. Perumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang permasalahan sebagaimana tersebut didepan, maka rumusan
permasalahan yang diajukan dalam proposal ini adalah “Apakah pemberian
tugas dapat meningkatkan motivasi belajar bagi siswa kelas VI SDN
Ngembalrejo 01 Kecamatan Bae Kabupaten Kudus?”
2. Pemecahan Masalah
Filsafat
Cina mengatakan: “Engkau mendengar engkau lupa, engkau melihat engkau
ingat, engkau melakukan engkau mengerti.” Pepatah Cina ini sangat
terkenal di dunia pendidikan. Dengan metode pemberian tugas diharapkan
akan dapat diaktifkan tiga gaya belajar siswa yang meliputi audio,
visual, dan kinetis. Hal ini tentu saja akan mampu mengkondisikan siswa
memiliki motivasi.
Menurut
Djamarah (2002: 114) motivasi adalah suatu pendorong yang mengubah
energi dalam diri seseorang ke dalam bentuk aktivitas nyata untuk
mencapai tujuan tertentu. Dalam proses belajar, motivasi sangat
diperlukan sebab seseorang yang tidak mempunyai motivasi dalam belajar
tidak akan mungkin melakukan aktivitas belajar.
3. Hipotesis
Hipotesis
tidakan yang diajukan dalam proposal penelitian ini adalah “Pemberian
tugas dapat meningkatkan motivasi belajar PAI bagi siswa kelas VI SDN
Ngembalrejo 01 Kecamatan Bae Kabupaten Kudus”.
V. TUJUAN PENELITIAN
1. Tujuan Umum
Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini menjadi masukan bagi guru dan siswa untuk meningkatkan belajar di rumah.
2. Tujuan Khusus
Adapun
tujuan khusus dari penelitian ini: “Untuk meningkatkan motivasi belajar
PAI bagi siswa kelas VI SDN Ngembalrejo 01 Kecamatan Bae Kabupaten
Kudus”.
VI. MANFA’AT HASIL PENELITIAN
Penelitian ini diharapkan dapat bermanfa’at bagi masyarakat karena:
1. Memberikan informasi tentang metode pembelajaran yang sesuai dengan materi Pendidikan Agama Islam.
2. Meningkatkan motivasi pada pelajaran Pendidikan Agama Islam
3. Mengembangkan metode pembelajaran yang sesuai dengan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
VII. KAJIAN PUSTAKA
A. Definisi Pembelajaran
Pembelajaran
adalah proses, cara menjadikan orang atau makhluk hidup belajar.
Sedangkan belajar adalah berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu,
berusaha tingkah laku atau tanggapan yang disebabkan oleh pengalaman
(KBBI, 1996:14).
B. Motivasi Belajar
Menurut
Djamarah (2002: 114) motivasi adalah suatu pendorong yang mengubah
energi dalam diri seseorang kedalam bentuk aktivitas nyata untuk
mencapai tujuan tertentu.
C. Pengajaran metode tugas
Yang
dimaksud dengan pemberian tugas belajar ialah suatu cara mengajar di
mana seorang guru memberikan tugas-tugas tertentu kepada peserta didik,
sedangkan hasil tersebut di periksa oleh guru dan peserta didik
mempertanggungjawabkannya.
Pertanggungjawaban itu dapat dilaksanakan dengan cara sebagai berikut:
- menjawab tes/ ujian yang diberikan oleh guru.
- menyampaikan laporan/ hasil pengamatan ke muka kelas secara lisan.
- menuliskan jawaban atas pertanggungjawabannya.
D. Prestasi Belajar.
Prestasi
belajar berasal dari kata “ prestasi “ dan “belajar’ prestasi berarti
hasil yang telah dicapai (Depdikbud, 1995 : 787). Sedangkan pengertian
belajar adalah berusaha memperoleh kepandaian atau lmu (Depdikbud, 1995:
14). Jadi, prestasi belajar adalah penguasaan pengetahuan atau
ketrampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran, lazimnya ditunjukan
dengan nilai atau angka yang diberikan oleh guru. Prestasi dalam
penilitian yang dimaksudkan adalah nilai yang diperoleh oleh siswa pada
mata pelajaran matematika dalam bentuk nilai berupa angka yang diberikan
oleh guru kelasnya setelah melaksanakan tugas yang diberikan padanya.
VIII. RENCANA DAN PROSEDUR PENELITIAN
A. Rencana Penelitian
- Subjek penelitian
Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Ngembalrejo 01 Kecamatan Bae Kabupaten Kudus, dengan jumlah siswa 19 orang.
Pertimbangan
penulis mengambil subyek penelitian tersebut di mana siswa kelas VI
telah mampu dan memiliki kemandirian dalam mengerjakan tugas seperti
tugas kelompok dan individu.
- Tempat Penelitian
Dalam
penilitian ini penulis mengambil lokasi di Negeri Ngembalrejo 01
Kecamatan Bae Kabupaten Kudus. Penulis mengambil lokasi atau tempat ini
dengan pertimbangan peneliti sedang bekerja di sekolah tersebut,
sehingga dapat memudahkan dalam mencari data, peluang waktu yang luas,
dan subyek penlitian yang sangat sesuai dengan profesi peneliti.
- Waktu Penelitian
Dengan
beberapa pertimbangan dan alasan penulis menentukan menggunakan waktu
penelitian selama 1 bulan, yaitu 16 Pebruari s.d 16 Maret 2012. Waktu dari perencanaan sampai penulisan laporan hasil penelitian tersebut pada semester Genap Tahun pelajaran 2011/2012.
- Lama Tindakan
Waktu untuk melaksanakan tindakan pada bulan Pebruari, mulai dari siklus I, Siklus II dan Siklus III.
B. Prosedur Penelitian
Prosedur penelitian yang diterapkan dalam hal ini antara lain:
1. Perencanaan
Perencanaan
meliputi penyampaian materi pelajaran, latihan soal, pembahasan latian
soal, tugas pekerjaan rumah (kegiatan penelitian utama), pembahasan PR,
dan ulangan harian.
2. Tindakan (Action)/ Kegiatan, mencakup:
a. Siklus I, meliputi: Pendahuluan, kegiatan pokok, dan penutup.
b. Siklus II ( sama dengan I )
c. Siklus III (sama dengan I dan II )
3. Refleksi,
di mana perlu adanya pembahasan antara siklus-siklus tersebut untuk
dapat menentukan simpulan atau hasil dari Penelitian Tindakan Kelas.
IX. JADWAL PENELITIAN
No
|
KEGIATAN
|
MINGGU KE
| |||||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
VII
|
VIII
| ||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
1
|
Perencanaan
| ||||||||
2
|
Proses pembelajaran
| ||||||||
3
|
Evaluasi
| ||||||||
4
|
Pengumpulan Data
| ||||||||
5
|
Analisis Data
| ||||||||
6
|
Penyusunan Hasil
| ||||||||
7
|
Pelaporan Hasil
| ||||||||
8
| |||||||||
9
|
X. BIAYA PENELITIAN
Akibat yang timbul dari penelitian ini menjadi tanggung jawab peneliti, adapun biaya tersebut adalah:
1. Fotocopy Naskah : Rp ……..
2. Kertas folio 1 rim : Rp ……..
3. jilid buku : Rp ……….
4. Rental Komputer : Rp ……..
5. Lain-lain : Rp ……..
JUMLAH : Rp ………
XI. PERSONALIA PENELITI
Penelitian ini melibatkan Tim peneliti, identitas dari Tim tersebut adalah:
1. Nama : Mahlail Syakur Sf.
NIP : ………….
Pekerjaan : Dosen FAI Unwahas
2. Nama : Laynufar Silsilia Alhila
NIP: 19840303 200903 1 006
Pekerjaan : GURU PAI KELAS VI
XII. DAFTAR PUSTAKA
Hadi, Sutrisno, Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Offset, 1995.
Sukmadinata, Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.
Wijaya, Cece, Dkk, Upaya Pembaharuan Dalam Pendidikan Dan Pengajaran, Bandung: Sinar Baru, 1992
Sudjana, Nana Dan Rivai, Ahmad, Teknologi Pengajaran, Bandung: Sinar Baru, 1989
Rohani, Ahmad, Media Instruksional Edukatif, Jakarta: PT Rineka Cipta, 1997.
Djamarah, Syaiful Bahri., dan Zain, Aswan, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Uzer Usman, Moh. dan Setiawati, Lilis. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosda Karya, 1993.
Darajat, Zakiah, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2001
Djamarah, Syaiful Bahri, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta, 2005
0 Kommentare on CONTOH PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS :
Silahkan berkomentar yang baik dan Jangan Spam !