Contoh Proposal Pengajuan Perpustakaan
SURAT PENGANTAR
Nomor : 071/MI-MBU J./YPP/B/I/2011
Kepada
Yth. Sekjen Diknas
Up. Karo Keuangan
Gedung C Lantai 8 Jakarta Pusat
di-
Jakarta
Bismillahi wabihamdihi
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Dengan hormat, bersama ini kami kirim :
No
|
Jenis Yang Dikirim
|
Volume
|
Keterangan
|
1
|
Proposal Bantuan Dana Rehab Bangunan Perpustakaan Madrasah Ibtidaiyah Mamba’ul Ulum Jurit tahun 2010
|
1 Gabung
|
Dikirim dengan hormat untuk mendapat perhatian dan bantuan
Terimakasih.
|
Wallahulmuwaffiqu walhadi ila sabiolirrosyad,
Wasslamu’alaikum Wr. Wb.
Jurit, 26 Oktober 2010
Kepala Madrasah,
Rohmutadi,
NIP. -
Tembusan :
- Kepala Kemenag. Prov. NTB di Mataram
- Kepala Dinas DIKPORA Prov. NTB di Mataram
- Kepala Kemenag. Kabupaten Lombok Timur di Selong
- Kepala Dinas DIKPORA Kab. Lombok Timur di Selong
- Arsip
Nomor : 007/PSL /MI-MBU.J/YP2MUTI/ B / VII/ 2010
Lamp. : 1 Gabung
Hal : Mohon Bantuan Dana Rehab Bangunan Perpustakaan
Kepada
Yth. Sekjen Diknas
Up. Karo Keuangan
Gedung C Lantai 8 Jakarta Pusat
di-
Jakarta
Bismillahi Wabihamdihi,
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Mengingat
sarana dan prasarana sangat menentukan dalam pengelolaan pendidikan,
maka berkenaan dengan itu, perlu kami sampaikan kepada Bapak bahwa saat
ini kami di Madrasah Ibtidaiyah Mamba’ul Ulum Jurit Lombok Timur sangat
membutuhkan bantuan dana sebesar Rp. 200.000.000,-(Dua Ratus Juta Rupiah) untuk dapat meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah.
Sebagai bahan pertimbangan Bapak, bersama ini kami lampirkan satu gabung proposal.
Demikian permohonan ini kami ajukan dan semoga mendapat perhatian. Atas perhatian Bapak kami sampaikan banyak terimakasih.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Jurit, 08 Januari 2011
Ketua Komite Madrasah,
Misbahur
|
Kepala Madrasah,
Rohmutadi
NIP. -
|
MENGETAHUI
Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren
Mamba’ul Ulum Jurit
Pembina,
UST. MUHAMMAD FAUZI
|
Ketua,
S. HASAN ALAYDRUS, S.Pd
|
PROPOSAL
BANTUAN DANA REHAB BANGUNAN PERPUSTAKAAN
MI MAMBA’UL ULUM JURIT KECAMATAN PRINGGASELA- LOMBOK TIMUR
A. Latar Belakang
Madrasah
Ibtidaiyah adalah salah satu lembaga pendidikan formal yang setingkat
Sekolah Dasar (SD) berciri khas agama yang tidak jauh beda dengan
pendidikan lainnya baik dari tingkat dasar sampai Perguruan Tinggi.
Madrasah Ibtidaiyah yang masih berada sampai sekarang di bawah naungan
Departemen Agama setara dengan SD, hampir semua kurikulum yang digunakan
adalah mengacu kepada kurikulum DIKNAS, dikarenakan Madrasah Ibtidaiyah
setara dengan SD bahkan di madrasah melebihi sekolah umum karena
ditambah dengan kurikulum Departemen Agama sebagai ciri khas pendidikan
di madrasah, sehingga belajar di madrasah mempunyai nilai yang lebih
besar dari SD karena adanya bidang study seperti al Qur’an al Hadits,
Fiqih, Aqidah Akhlaq, Bahasa Arab dan pendidikan agama lainnya yang
mengacu kepada keterampilan (life skill) untuk persiapan masa depan pendidikannya. Seperti Keterampilan, Tata Busana, Komputer, Kaligrafi dan lainnya.
Salah
satu unsur penentu untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia
(SDM) terutama dalam kegiatan belajar mengajar adalah tersedianya media /
ruang tempat membaca tenaga pengajar dan khususnya peserta didik yang
yang memadai untuk menumbuh kembangkan bakat dan minat
serta budaya membaca peserta didik sehingga termediasi untuk peningkatan
mutu pendidikan pada umumnya semangat belajar yang tinggi untuk out put
maksimal padan khususnya.
Melihat
kenyataan yang terjadi di Madrasah Ibtidaiyah Mamba’ul Ulum Jurit
Lombok Timur adalah masih banyaknya kekurangan yang memerlukan perhatian
dan dukungan baik moril maupun materil terutama dana Rehabilitasi
Gedung Perpustakaan dalam rangka peningkatan minat baca peserta didik sekaligus supaya menambah media informasi dan refrensi bagi Kepala Madrasah, tenaga pengajar atau guru dan bahan belajar lainnya.
B. Tujuan
Madrasah
sebagai salah satu lembaga pendidikan yang berciri khas agama islam
sudah barang tentu mempunyai tujuan dalam pengelolaan pendidikan di
antaranya :
1. Ikut mencerdaskan kehidupan bangsa seperti yang tertuang dalam UUD 1945
2. Memeajukan pola fikir dan wawasan para guru untuk bisa lebih profesional
3. Membantu penambahan buku referensi dan bahan ajar lainnya yang bisa membantu proses belajar mengajar;
4. Membantu pengembangan life skill anak didik yang mengacu kepada kemajuan dan teknologi;
5. Terfasilitasinya peserta didik dalam menumbuh kembangkan budaya gemar membaca;
C. Data Madrasah
1. Nama Madrasah : Madrasah Ibtidaiyah Mamba’ul Ulum Jurit
2. Status : Swasta
3. Alamat : Jln. Rinjani Bangket Atas Desa Jurit
4. Kecamatan : Pringgasela
5. Kabupaten : Lombok Timur
D. Jenis Usulan Kegiatan
1. Pengadaan/ Rehabilitasi Gedung Perpustakaan;
2. Pengadaan buku pegangan guru;
3. Pengadaan buku pegangan siswa;
4. Pengadaan rak buku perpustakaan;
5. Pengadaan Meja dan korsi sebagai tempat membaca;
E. Biaya Yang Dibutuhkan
Rencana anggaran biaya yang kami ajukan sebesar Rp 50.000.000,- (Lima Puluh Juta Juta Rupiah) dengan anggaran terlampir.
F. Nama dan Tempat Pelaksanaan
Nama kegiatan ini : Rehabilitasi Gedung Perpustakaan
Tempat pelaksanaan kegiatan ini : Madrasah Ibtidaiyah Mamba’ul Ulum Jurit Kecamatan Pringgasela Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat.
Alamat : Jln. Rinjani Bangket Atas Desa Jurit Kecamatan Pringgasela
Kabupaten Lombok Timur NTB.
Telepon/ HP. : 0819 - 97608804
RENCANA PENGEMBANGAN
MADRASAH IBTIDAIYAH MAMBA’UL ULUM JURIT
A. Visi dan Misi Madrasah
1. Visi Madrasah
Terwujudnya insan yang beriman, bertaqwa, berakhlaqul karimah, berilmu, cerdas, terampil, berprestasi dan mandiri
2. Misi Madrasah
1. Melaksanakan
proses belajar mengajar secara efektif dan efisien, sehingga peserta
didik dapat berprestasi serta mengembangkan ilmu dan potensi yang
dimilikinya
2. Menanamkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT sesuai dengan ajaran islam Ahlussunnah wal Jama’ah
3. Menanamkan akhlaqul karimah kepada peserta didik dalam kehidupan sehari-hari baik di dalam maupun di luar lingkungan madrasah
4. Membekali keterampilan hidup kepada peserta didik agar dapat hidup mandiri
3. Tujuan Madrasah
a. Terselenggaranya proses belajar mengajar secara efektif dan efisien
b. Terwujudnya nilai-nilai keimanan, ketaqwaan serta akhlaqul karimah
c. Tersedianya lulusan yang terampil, berprestasi dan mandiri
B. Tantangan Nyata Yang Dihadapi
1. Tantangan pada kualitas akademik (Kurikulum);
2. Tantangan pada tenaga kepegawaian/karyawan;
Rendahnya
Sumber Daya Manusia (SDM) dalam produktifitas etos kerja dan skill
sehingga pelayanan bagi siswa sering kurang optimal dari 9 orang guru
dan 2 orang karyawan, baru 1 orang yang terampil menggunakan komputer
dalam pengoperasiannya, sementara madrasah masih kekurangan computer
baik yang digunakan oleh karyawan atau siswa sebagai alat praktik.
Sehingga dalam hal ini masih terasa jauh sekali kesenjangan antara siswa
dan kebutuhan guru.
3. Tantangan pada biaya operasional
Masih
kurangnya biaya operasional untuk gaji guru dan karyawan, honor guru
kegiatan siswa dan kegiatan-kegiatan lain yang bersumber dari dana BOS
dan sukarelawan.
C. Sasaran
Peningkatan
akademik dan pelayanan bagi guru dan siswa merupakan tujuan utama kami
demi terlaksananya kegiatan belajar mengajar dengan baik;
D. Kegiatan-Kegiatan Yang Dilakukan
1. Pembinaan IMTAQ
2. Pengadaan buku-buku referensi baik agama maupun umum
3. Peringatan Hari Besar Islam
4. Penugasan atau pendelegasian siswa untuk kegiatan kesiswaan baik di luar maupun di dalam lingkungan Pondok Pesantren
5. Evaluasi Kegiatan Belajar
6. Bimbingan Olimpiade mata pelajaran
7. Bimbingan penguasaan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.
PROFIL MADRASAH
1. Nama Madrasah
|
:
|
MI Ujung Negoro Kandeman Batang
| ||||||||
2. Alamat Madrasah
|
:
|
Kab. Batang
| ||||||||
3. No. Telpon
|
:
| |||||||||
4. Tahun Berdiri
|
:
|
1994
| ||||||||
5. SK Pengesahan
|
:
|
AKTA NOTARIS : M. 94.TT.03.01.PTT.1986
| ||||||||
6. Status Akreditasi
|
:
|
Terakreditasi B
| ||||||||
7. Nomor Akreditasi
|
:
|
57/AKF.MI./B/II/2009
| ||||||||
8. Nomor Statistik
|
:
| |||||||||
9. Nama Organisasi Induk
|
:
| |||||||||
10. Keadaan Tanah
|
:
| |||||||||
- Luas
|
:
|
500 m2
| ||||||||
- Status Kepemilikan
|
:
|
Wakaf
| ||||||||
- Letak
|
:
| |||||||||
11
|
Luas Bangunan
|
:
|
500 m2
| |||||||
11. Jumlah Lokal
- Ruang belajar : 6 buah
- Ruang Kepala Madrasah : 1 buah
- Ruang Tata Usaha : 1 buah
- Ruang guru/ tamu : 1 buah
- Ruang perpustakaan : 1 buah
- Kantin : - buah
- Kamar Mandi/ WC : 2 buah
12. Waktu penyelenggaraan : Pagi, jam 07.20 s/d 12.00
13. Jumlah Jam pelajaran perminggu : 140 JP
14. Jumlah Guru
a. Guru Negeri : Laki-laki : 1 Orang
Perempuan : 1 Orang
b. Guru Swasta : Laki-laki : 5 orang
Perempuan : 4 orang
15. Jumlah pegawai Tata Usaha : 1 orang (L)
16. Pegawai perpustakaan : 1 orang (L)
17. Data siswa
Kelas
|
Golongan
|
Jumlah Siswa Tahun Pelajaran 2010/2011
|
Ket.
| ||
Laki-laki
|
Perempuan
|
Jumlah
| |||
I
|
INTI
|
16
|
11
|
27
| |
II
|
8
|
8
|
16
| ||
III
|
9
|
5
|
14
| ||
IV
|
5
|
7
|
12
| ||
V
|
8
|
5
|
13
| ||
VI
|
5
|
9
|
14
| ||
JUMLAH
|
30
|
45
|
96
|
18. Data Ruang Kelas dan Rombongn Belajar
Kelas
|
Jumlah Ruang
|
Jumlah Rombongan Belajar
|
Keterangan
|
I
|
1
|
1
| |
II
|
1
|
1
| |
III
|
1
|
1
| |
IV
|
1
|
1
| |
V
|
1
|
1
| |
VI
|
1
|
1
| |
JUMLAH
|
6
|
6
|
19. Jumlah Guru/Pegawai
No
|
Tipe Guru
|
Jumlah Guru
|
Kurang
|
Lebih
|
1
|
PNS
|
-
|
-
|
-
|
2
|
Guru Tetap Yayasan
|
2
|
-
|
-
|
3
|
Guru /Pegawai Tidak Tetap
|
7
|
-
|
-
|
4
|
Guru kontrak Pusat
|
-
|
-
|
-
|
5
|
Guru Kontrak Lokal/Daerah
|
-
|
-
|
-
|
20. Perkembangan Siswa dari 4 Tahun Terakhir
Tahun Pelajaran
|
Siswa/siswi
| ||
Laki - laki
|
Perempuan
|
Jumlah
| |
2007/2008
|
89
| ||
2008/2009
|
94
| ||
2010/2011
|
96
|
21. Data Fasilitas Madrasah
1. Ruangan
No
|
Jenis Ruangan
|
Jumlah Ruang
|
Kondisi
| ||
Baik
|
Rusak Ringan
|
Rusak Berat
| |||
1
|
Ruang kelas
|
6
|
6
|
-
|
-
|
2
|
Ruang Kepala Madrasah
|
1
|
1
|
-
|
-
|
3
|
Ruang Guru
|
1
|
1
|
-
|
-
|
4
|
Ruang Tata Usaha
|
1
|
1
|
-
|
-
|
5
|
Ruang tamu
|
-
|
-
|
-
|
-
|
6
|
Ruang Perpustakaan
|
1
|
-
|
-
|
1
|
7
|
Ruang Laboratorium
|
-
|
-
|
-
|
-
|
2. Infrastruktur
No
|
Infrastruktur
|
Jumlah
|
Kondisi
| ||
Baik
|
Rusak Ringan
|
Rusak Berat
| |||
1
|
Pagar depan
|
-
|
-
|
-
|
-
|
2
|
Lapangan /land olahraga
|
-
|
-
|
-
|
-
|
3
|
Taman sekolah
|
1
|
1
|
-
|
-
|
4
|
Tiang bendera
|
-
|
-
|
-
|
-
|
5
|
Reservoir/menara air
|
-
|
-
|
-
|
-
|
6
|
Bak sampah permanen
|
1
|
1
|
-
|
-
|
7
|
Saluran air primer
|
1
|
1
|
-
|
-
|
3. Perabot
No
|
Perabot
|
Jumlah
|
Kondisi
| ||
Baik
|
Rusak Ringan
|
Rusak Berat
| |||
1
|
Meja kursi Kamad
|
1 stell
|
1
|
-
|
-
|
2
|
Meja kursi guru dan TU
|
10 stell
|
-
|
-
|
-
|
3
|
Lemari kelas
|
10 buah
|
4
|
-
|
-
|
4
|
Lemari Kamad
|
1 buah
|
1
|
-
|
-
|
5
|
Lemari TU
|
1 buah
|
1
|
-
|
-
|
6
|
Meja komputer
|
1 buah
|
1
|
-
|
-
|
7
|
Rak buku perpustakaan
|
1 buah
|
-
|
1
|
-
|
4. Sanitasi dan air bersih
a. Sanitasi
No
|
Fasilitas
|
Jumlah
|
Kondisi
| ||
Baik
|
Rusak Ringan
|
Rusak Berat
| |||
1
|
KM/WC Guru
|
1 buah
|
1
|
-
|
-
|
2
|
KM/WC Siswa
|
2 buah
|
1
|
1
|
-
|
b. Sumber air bersih : Saluran mata air pegunungan
5. Sumber listrik PLN 2000 KVA
No
|
Fasilitas
|
Jumlah
|
Pemanfaatan
|
Kondisi
| |||
Berfungsi
|
Tidak
|
Baik
|
RR
|
RB
| |||
1
|
Lampu TL
|
2
|
2
|
-
|
2
|
-
|
-
|
2
|
Stop kontak
|
2
|
2
|
-
|
2
|
-
|
-
|
3
|
Instalasi listrik
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
6. Alat penunjang KBM
No
|
Jenis alat peraga
|
Jumlah
|
Pemanfaatan alat
|
Kondisi
| |||
Dipakai
|
Tidak
|
Baik
|
RR
|
RB
| |||
1
|
Kit Matematika
|
3
|
3
|
-
|
3
|
-
|
-
|
2
|
Alat peraga BI
|
2
|
2
|
-
|
2
|
-
|
-
|
3
|
Alat peraga IPA
|
2
|
2
|
-
|
2
|
-
|
-
|
7. Alat mesin kantor dan elektronik
No
|
Jenis Alat
|
Jumlah
|
Pemanfaatan alat
|
Kondisi
| |||
Dipakai
|
Tidak
|
Baik
|
RR
|
RB
| |||
1
|
Mesin ketik manual
|
2
|
1
|
-
|
1
|
-
|
1
|
2
|
Komputer
|
1
|
1
|
-
|
1
|
-
|
Jurit, 26 Oktober 2010
Ketua Komite Madrasah,
Misbahur
|
Kepala Madrasah,
Rohmutadi
|
RENCANA PENGGUNAAN UANG (RPU)
NO
|
Uraian
|
Volume
|
Harga satuan (Rp)
|
Jumlah Harga (Rp)
|
1
|
Rehab Gedung Madrasah
| |||
a. Pengadaan bahan lantai dan pasangan
| ||||
- Keramik 30 x 30 cm
|
240 m²
|
35.000,-
|
8.400.000,-
| |
- Pasir sungai
|
3 truk
|
250.000,-
|
750.000,-
| |
- Semen Tiga Roda
|
40 sak
|
54.000,-
|
2.160.000,-
| |
b. Pembuatan tembok Madrasah
| ||||
- Bata merah
|
20 ribu
|
400.000,-
|
8.000.000,-
| |
- Pasir sungai
|
4 truk
|
250.000,-
|
1.000.000,-
| |
- Semen Tiga Roda
|
50 sak
|
54.000,-
|
2.700.000,-
| |
Jumlah Point 1
|
Rp 23.010.000,-
| |||
2
|
Pengadaan alat bantu belajar/administrasi
| |||
1. Laptop
|
1 unit
|
10.000.000,-
|
8.800.000,-
| |
2. Rak Buku Perpustakaan
|
5 unit
|
1.200.000,-
|
6.000.000,-
| |
3. Meja kursi pustakawan
|
1 stell
|
1.000.000,-
|
1.000.000,-
| |
4. Komputer
|
1 unit
|
7.000.000,-
|
7.000.000,-
| |
Jumlah Point 2
|
Rp 22.800.000,-
| |||
3
|
Pengadaan alat Olahraga
| |||
a. Matras
|
2 buah
|
800.000,-
|
1.600.000,-
| |
b. Lembing
|
10 buah
|
14.000,-
|
140.000,-
| |
c. Peluru
|
3 buah
|
30.000,-
|
90.000,-
| |
d. Cakram
|
3 buah
|
40.000,-
|
120.000,-
| |
e. Simpai
|
10 buah
|
10.000,-
|
100.000,-
| |
f. Bola sepak
|
1 buah
|
250.000,-
|
250.000,-
| |
g. Bola Volly
|
1 buah
|
300.000,-
|
300.000,-
| |
h. Bola takrow
|
2 buah
|
120.000,-
|
240.000,-
| |
i. Net/Jaring
|
1 buah
|
50.000,-
|
50.000,-
| |
j. Raket Badminton
|
4 buah
|
300.000,-
|
1.200.000,-
| |
k. Stopwatch
|
1 buah
|
120.000,-
|
100.000,-
| |
Jumlah Point 3
|
Rp 4.190.000,-
| |||
Total point 1, 2, 3
|
Rp 50.000.000,-
|
Anjani, 08 Januari 2011
Kepala Madrasah,
Rohmutadi, S.Pd.I
0 Kommentare on Contoh Proposal Pengajuan Perpustakaan :
Silahkan berkomentar yang baik dan Jangan Spam !