MAKALAH | PENDIDIKAN | AGAMA | APLIKASI HP | TIPS AND TRIK | CERITA | CONTOH | DOWNLOAD GRATIS

Proposal Wirausaha budidaya Bebek petelur | Itik

Proposal Wirausaha budidaya Bebek petelur | ItikA.  LATAR BELAKANG PERUSAHAAN
   Itik dikenal juga dengan istilah bebek dalam bahasa jawa.nenek moyangnnya berasal dari amerika utara merupakan itik liar.(anas mascha)atau mild malard. terus menerus di jinakkan oleh manusia hingga jadilah itik dan di pelihara sekarang yang disebut aras demesticus (ternak itik). Jenis bibit unggul yang diternakan khususnya diindonesia ialah jenis itik petelur seperti itik tegal,itik mojosari,itik bali,itik cu 2000-ina.  Itik yang akan kami pelihara atau budidayakan adalah secara intensif atau yang lebih dikenal dengan pemeliharaan di lahan kering atau dikandangkan yang akan memberi keuntungan diantara itik tidak lagi di gembalakan di sawah untuk mencari makan sendiri.  pakan dan minum di sediakan di dalam kandang air untuk berenang itik di sediakan sehingga itik hanya memanfaatkan energi untuk memproduksi telur.



    B. TUJUAN
1.  Menjadikan usaha beternak itik petelur sehingga menjadi usaha  yang menguntungkan.
2.  Membuat usaha beternak itik petelur ini berbeda dengan pengusaha lain.
3.  Ingin menjadikan usaha ini menjadi ternak yang di kenal oleh masyarakat.

    C.  JENIS USAHA YANG DI RENCANAKAN DAN PRODUK YANG    AKAN DI HASILKAN
   Usaha yang kami jalankan rencananya adalah usaha beternak itik petelur,dan dari usaha yang kami rencanakan akan menghasilkan produk telur

    D.  JENIS USAHA YANG DIKELOLA
   Jenis usaha yang akan kami kelola atau kami jalankan adalah usah beternak itik petelur atau orang jawa menyebut bebek.
PASAR DAN PEMASARAN
     A.  GAMBARAN  INDUSTRI DAN LINGKUNGAN USAHA
   Telur itik merupakan komoditi ekspor yang dapat memberikan keuntungan besar,kebutuhan akan telur pasar tradisional sangat besar dan masih seimbang dari ketersediaan yang ada,hingga saat ini  budidaya itik masih merupakan komoditi yang menjanjikan untuk di kembangkan secara intensif.
     B.  KONDISI PASAR
1.pasar sasaran
    Sebagai awal kami akan menjajaki pasar tradisional atau konsumen rumah tangga yang tinggal di lokasi budidaya.jika produksi sudah berjalan kami akan menjajaki untuk memasarkan telur ke pasar swalayan atau supermarket.
    Kebutuhan telur di pasar tradisional sangat besar dan masih seimbang dari persediaan yang ada itu salah satu peluang pemasaran telur dari hasil budidaya itik petelur yang kami jalankan.

     C.ESTIMASI PASAR
    Mungkin produk yang sudah kami hasilkan sudak ada di pasaran,tetapi kami akan merencanakan budidaya ternak itik petelur,mungkin budidaya yang kami rencanakan akan berjalan,karena peluangnya cukup besar dan di simpang pematang dan sekitarnya mungkin belum ada yang budidaya ternak itik,oleh karena itu kami akan merencanakan budidaya ternak itik petelur.



     D.RENCANA PEMASARAN
1.   penetapan harga produk
     Rencana harga yang akan kami tawarkan mengacu pada penghasilan rata rata masyarakat.tujuannya agar harga yang akan kami tawarkan tidak terlalu membebankan masyarakat untuk membeli telur dari usaha kami,oleh karena itu rencana harga yang kami tawarkan Rp 1000 / telur lebih murah dari harga telur itik di pasaran.
2.   strategi pemasaran
    Strategi pemasaran merupakan salah satu langkah yang dilakukan  memperlancar pemasaran dan memuaskan konsumen,strategi pemasaran ada 4 yaitu:
a.   Strategi produk
Dalam hal ini produk dapat berupa telur sejarah utama untuk memenuhi kepuasan konsumen adalah melihat mutu dan manfaat produk.
b.   Harga
Harga yang di tetapkan stabil dan bersaing dengan produsen
petelur lainnya,harga terlalu tinggi akan mengurungkan niat pembeli,sebaliknya harga yang terlalu rendah di khawatirkan tidak dapat memenuhi biaya produksi.pemberian diskon setiap pembelian dalam jumlah tertentu juga dapat menarik pembeli.
c.   Tempat
     Tidak kalah pentingnya dengan kualifikasi produk dan harga.tempat dan pasar juga sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pemasaran .penentuan pasar harus didasarkan dengan kemudahan produk telur oleh konsumen.
d.   promosi
    Salah satu cara promosi yang paling banyak dilakukan adalah dengan memasang iklan,selain memasang iklan promosi juga dapat di lakukan dengan secara langsung dari mulut ke mulut.
ASPEK PRODUKSI
    A.   ANALISIS LOKASI USAHA
Usaha pemeliharaan itik secara intensif ( dikandangkan)umumnya dilakukan dimana saja,namun lokasi yang ideal untuk budiaya itik untuk pemeliharaan adalah jauh dari suara bising,mudah transportasi,dan mudah mendapatkan air besih.
Dalam pemeliharaan itik perlu sarana dan prasarana agar itik mampu berroduksi tinggi, mudah pengontrolannya dan mudah kontrol kesehatan.

    B.   FASILITAS DAN PERALATAN PRODUKSI
  Kandang
1.   Kandang harus di buat senyaman mungkin dan bentuk atap yang              mampu menahan terpaan hujan dan terik matahari.
2.   Bentuk atap yang mampu menahan terpaan hujan dan teriik.k matahari.
3.   Bangunan kandang membujur dari timur ke barat
Modal atap kandang di buat sedemikian rupa.
4.   Luas kandang cukup memadai untik peternakan
Bahan baku atap bisa berupa genteng,asbes,plastik.

1.  alas lantai
bisa dibuat dari campuran jerami,sekam,serbuk gergaji,atau rumput kering,agar empuk,tidak mudah padat,kering,hangat,bersih dan dapat mencegah telur tidak pecah.
2.  tempat pakan,minum.
tempat air minum dibuat pas dengan kepala itik dan di letakkan berlawanan dengan tempat pakan.
3.  ember dan keranjang
ember dan keranjang digunakan untuk tempat atau wadah telur saat panen.
4.  selang
digunakan untuk memberi air untuk itik,untuk minum,untuk mandi.

     C.  kebutuhan bahan baku
Kebutuhan bahan baku untuk kandang seperti bambu,kayu,genteng,atau asbes .
     D.  kapasitas produksi
Dalam satu kandang yang berukuran 2x8 meter kira kira bisa menampung 150 ekor itik beserta tempat makan dan minum.
      E.  proses produksi
   Dari penampungan bibit itik kami membeli bibit siap telur,kemudian itik di pelihara sampai menghasilkan produk(telur)setelah menghasilkan produk telur,telur dikumpulkan kemudian telur siap dijual atau dipasarkan.telur kami pasarkan melalui agen,pasar tradisional,pasar modern,dan kekonsumen.
Silahkan dibagikan keteman Via


Artikel Terkait :

1 Kommentare:

Toko Online Kalistajaya said... November 28, 2012 at 9:09 AM

mantaaap infox..

Silahkan berkomentar yang baik dan Jangan Spam !


Google+