Proposal Wirausaha budidaya Bebek petelur | ItikA. LATAR BELAKANG PERUSAHAAN
Itik dikenal juga dengan istilah bebek dalam bahasa jawa.nenek
moyangnnya berasal dari amerika utara merupakan itik liar.(anas
mascha)atau mild malard. terus menerus di jinakkan oleh manusia hingga
jadilah itik dan di pelihara sekarang yang disebut aras demesticus
(ternak itik). Jenis bibit unggul yang diternakan khususnya diindonesia
ialah jenis itik petelur seperti itik tegal,itik mojosari,itik bali,itik
cu 2000-ina. Itik yang akan kami pelihara atau budidayakan adalah
secara intensif atau yang lebih dikenal dengan pemeliharaan di lahan
kering atau dikandangkan yang akan memberi keuntungan diantara itik
tidak lagi di gembalakan di sawah untuk mencari makan sendiri. pakan
dan minum di sediakan di dalam kandang air untuk berenang itik di
sediakan sehingga itik hanya memanfaatkan energi untuk memproduksi
telur.
B. TUJUAN
1. Menjadikan usaha beternak itik petelur sehingga menjadi usaha yang menguntungkan.
2. Membuat usaha beternak itik petelur ini berbeda dengan pengusaha lain.
3. Ingin menjadikan usaha ini menjadi ternak yang di kenal oleh masyarakat.
C. JENIS USAHA YANG DI RENCANAKAN DAN PRODUK YANG AKAN DI HASILKAN
Usaha yang kami jalankan rencananya adalah usaha beternak itik
petelur,dan dari usaha yang kami rencanakan akan menghasilkan produk
telur
D. JENIS USAHA YANG DIKELOLA
Jenis usaha yang akan kami kelola atau kami jalankan adalah usah beternak itik petelur atau orang jawa menyebut bebek.
PASAR DAN PEMASARAN
A. GAMBARAN INDUSTRI DAN LINGKUNGAN USAHA
Telur
itik merupakan komoditi ekspor yang dapat memberikan keuntungan
besar,kebutuhan akan telur pasar tradisional sangat besar dan masih
seimbang dari ketersediaan yang ada,hingga saat ini budidaya itik masih
merupakan komoditi yang menjanjikan untuk di kembangkan secara
intensif.
B. KONDISI PASAR
1.pasar sasaran
Sebagai awal kami akan menjajaki pasar tradisional atau konsumen rumah
tangga yang tinggal di lokasi budidaya.jika produksi sudah berjalan kami
akan menjajaki untuk memasarkan telur ke pasar swalayan atau
supermarket.
Kebutuhan telur di pasar tradisional sangat besar dan masih seimbang
dari persediaan yang ada itu salah satu peluang pemasaran telur dari
hasil budidaya itik petelur yang kami jalankan.
C.ESTIMASI PASAR
Mungkin produk yang sudah kami hasilkan sudak ada di pasaran,tetapi
kami akan merencanakan budidaya ternak itik petelur,mungkin budidaya
yang kami rencanakan akan berjalan,karena peluangnya cukup besar dan di
simpang pematang dan sekitarnya mungkin belum ada yang budidaya ternak
itik,oleh karena itu kami akan merencanakan budidaya ternak itik
petelur.
D.RENCANA PEMASARAN
1. penetapan harga produk
Rencana harga yang akan kami tawarkan mengacu pada penghasilan rata
rata masyarakat.tujuannya agar harga yang akan kami tawarkan tidak
terlalu membebankan masyarakat untuk membeli telur dari usaha kami,oleh
karena itu rencana harga yang kami tawarkan Rp 1000 / telur lebih murah
dari harga telur itik di pasaran.
2. strategi pemasaran
Strategi pemasaran merupakan salah satu langkah yang dilakukan
memperlancar pemasaran dan memuaskan konsumen,strategi pemasaran ada 4
yaitu:
a. Strategi produk
Dalam hal ini produk dapat berupa telur sejarah utama untuk memenuhi kepuasan konsumen adalah melihat mutu dan manfaat produk.
b. Harga
Harga yang di tetapkan stabil dan bersaing dengan produsen
petelur
lainnya,harga terlalu tinggi akan mengurungkan niat pembeli,sebaliknya
harga yang terlalu rendah di khawatirkan tidak dapat memenuhi biaya
produksi.pemberian diskon setiap pembelian dalam jumlah tertentu juga
dapat menarik pembeli.
c. Tempat
Tidak kalah pentingnya dengan kualifikasi produk dan harga.tempat dan
pasar juga sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pemasaran .penentuan
pasar harus didasarkan dengan kemudahan produk telur oleh konsumen.
d. promosi
Salah satu cara promosi yang paling banyak dilakukan adalah dengan
memasang iklan,selain memasang iklan promosi juga dapat di lakukan
dengan secara langsung dari mulut ke mulut.
ASPEK PRODUKSI
A. ANALISIS LOKASI USAHA
Usaha
pemeliharaan itik secara intensif ( dikandangkan)umumnya dilakukan
dimana saja,namun lokasi yang ideal untuk budiaya itik untuk
pemeliharaan adalah jauh dari suara bising,mudah transportasi,dan mudah
mendapatkan air besih.
Dalam
pemeliharaan itik perlu sarana dan prasarana agar itik mampu berroduksi
tinggi, mudah pengontrolannya dan mudah kontrol kesehatan.
B. FASILITAS DAN PERALATAN PRODUKSI
Kandang
1. Kandang harus di buat senyaman mungkin dan bentuk atap yang mampu menahan terpaan hujan dan terik matahari.
2. Bentuk atap yang mampu menahan terpaan hujan dan teriik.k matahari.
3. Bangunan kandang membujur dari timur ke barat
Modal atap kandang di buat sedemikian rupa.
4. Luas kandang cukup memadai untik peternakan
Bahan baku atap bisa berupa genteng,asbes,plastik.
1. alas lantai
bisa
dibuat dari campuran jerami,sekam,serbuk gergaji,atau rumput
kering,agar empuk,tidak mudah padat,kering,hangat,bersih dan dapat
mencegah telur tidak pecah.
2. tempat pakan,minum.
tempat air minum dibuat pas dengan kepala itik dan di letakkan berlawanan dengan tempat pakan.
3. ember dan keranjang
ember dan keranjang digunakan untuk tempat atau wadah telur saat panen.
4. selang
digunakan untuk memberi air untuk itik,untuk minum,untuk mandi.
C. kebutuhan bahan baku
Kebutuhan bahan baku untuk kandang seperti bambu,kayu,genteng,atau asbes .
D. kapasitas produksi
Dalam satu kandang yang berukuran 2x8 meter kira kira bisa menampung 150 ekor itik beserta tempat makan dan minum.
E. proses produksi
Dari penampungan bibit itik kami membeli bibit siap telur,kemudian itik
di pelihara sampai menghasilkan produk(telur)setelah menghasilkan
produk telur,telur dikumpulkan kemudian telur siap dijual atau
dipasarkan.telur kami pasarkan melalui agen,pasar tradisional,pasar
modern,dan kekonsumen.
1 Kommentare:
mantaaap infox..
Silahkan berkomentar yang baik dan Jangan Spam !