MAKALAH | PENDIDIKAN | AGAMA | APLIKASI HP | TIPS AND TRIK | CERITA | CONTOH | DOWNLOAD GRATIS

Cara Membuat Rangking Kelas Suatu Data dengan Microsoft Excel

Tips kali ini adalah tentang cara membuat sebuah pengurutan atau lebih tepatnya rangking suatu data secara otomatis sehingga nantinya kita tidak perlu melakukan secara manual. Dan mungkin lebih cocok untuk dipelajari oleh para guru supaya tidak perlu repot-repot menentukan siapa yang duduk rangkin 1,2 dan seterusnya.
Tapi jangan kaget jika nantinya rumus yang dibuat akan menghasilkan rangking yang double atau lebih, hal ini dikarenakan adanya nilai yang sama dan rumus tersebut membaca data apa adanya tanpa ada intervensi pihak asing hahahaha dengan kata lain hasil yang didapat JUJUR dan APA ADANYA.
Ok sekarang perhatiin gambar berikut ini :

Contoh Sebuah Data
Jelas terlihat di Cell F8 dan seterusnya muncul sebuah rangking atas nilai siswa tersebut secara otomatis, nah rumus yang dibangun tersebut sangat simple karena kita menggunakan salah satu FUNGSI STATISTIK yaitu Fungsi Rank.
Fungsi Rank adalah suatu fungsi untuk menentukan posisi atau rangking dari suatu bilangan yang terdapat dalam daftar atau sekelompok data.
Sintaks penulisannya adalah :
=RANK(number,ref,order)
Dari data yang sudah ada (perhatikan cell F8) maka rumus yang kita buat adalah :
=RANK($E8,$E$8:$E$26,0)
Penjelasan :
E8 adalah posisi dimana terdapat suatu nilai untuk kita ketahui rangkingnya setelah kita bandingkan dengan nilai lainnya dalam daftar tersebut (perhatikan E8:E26).
Sedankan angka 0 (nol) untuk menunjukkan urutan secara Descending atau mengurutkan suatu nilai dimulai dari nilai yang terbesar sampai nilai terkecil.
Dan hasilnya ketika rumus tersebut kita buat maka atas nama siswa ANIS dengan nilai rata-rata 8.15 mendapat rangking 12 dari jumlah siswa 19. Dan selanjutnya rumus tersebut tinggal kalian copy paste saja kebawah dan hasilnya akan diketahui siapa yang mendapat rangkin pertama.
Mudah bukan …….selamat mencoba.
Silahkan dibagikan keteman Via


Artikel Terkait :

0 Kommentare on Cara Membuat Rangking Kelas Suatu Data dengan Microsoft Excel :

Silahkan berkomentar yang baik dan Jangan Spam !

Google+ Followers


Google+