MAKALAH | PENDIDIKAN | AGAMA | APLIKASI HP | TIPS AND TRIK | CERITA | CONTOH | DOWNLOAD GRATIS

Contoh Proposal Usaha Genteng

Contoh Proposal Usaha Genteng
BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Di  zaman  yang  modern  yang  sekarang  ini  Mencari pekerjaan merupakan  hal  yang  cukup sulit,  akibatnya  banyak pengangguran-pengangguran yang tidak memiliki lapangan kerja, calon kerja, kita harus berfikir kreatif dan inofatif yang mampu membaca peluang serta mampu memanfatkan peluang tersebut sesuai dengan kemampuan yang dimiliki dan tidak terfokus pada satu jenis pekerjaan saja.Wirausaha merupakan salah satu usaha untuk mengatasi meningkatnya jumlah pengangguran selain menguntungkan dari segi ekonomi, sebagian kegiatan wirausaha juga membantu usaha dalam  memenuhi  kebutuhan  masyarakat  banyak,  baik  secara langsung maupun tidak langsung.Salah satu usaha yang mungkin sudah di dengar dari kalangan masyarakat dan menjadi sumber kebutuhan pokok sehari- hari, yaitu usaha genteng. Untuk memenuhi kebutuhan ini banyak usaha genteng yang bersaing untuk menyuplai akan kebutuhan genteng tersebut dalam rangka memanfaatkan peluang ini kami mencoba mendirikan sebuah usaha ini yang kami beri nama “UD. BHIMA SHAKTI
.
1 2 Tujuan dan Manfaat
Tujuan dan manfaat didirikan perusahaan ini
»Untuk mengurangi pengangguran
»Untuk menciptakan lapangan kerja baru.
»Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
»Untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar


BAB II
DESKRIPSI UMUM PERUSAHAAN

2.1 Nama dan alamat perusahaan

Nama perusahaan        : UD. BHIMA SHAKTI
Alamat perusahaan      : JL. Gajah Mada N0.47.kauman Batang.
No.HP                        : 081575657196
Nama dan alamat pemilik perusahaan
Nama pemilik              : MISBAHUR
Alamat pemilik            : JL. Gajah Mada N0.47.kauman Batang
No.HP                         : 081575657196
Bentuk perusahaan
Bentuk  perusahaan  kami  adalah  sebuah  usaha  yang berbentuk perseorangan, karena dibangun mandiri oleh pemilik perusahaan dan menggunakan modal sendiri.
2.4 Bidang usaha
Bidang  usaha  kami  menyediakan  jenis  genteng  yang berkualitas yang dapat digunakan untuk kebutuhan masyarakat sekitar maupun luar.
2.5 Tempat kedudukan lokasi
Lokasi usaha ini dibangun di suatu tempat yang strategis, mudah dijangkau oleh masyarakat, perusahaan ini dibangun dengan kepemilikan tanah sendiri yang beralamatkan JL. Gajah Mada N0.47.kauman Batang.


2.6. Jumlah tenaga kerja
Dalam sub pokok ini kami memiliki tenaga kerja kelas berat seperti : pencetak genteng, yang mencari bahan produksi sebanyak 5 orang. Sedangkan tenaga kelas ringan seperti menata genteng ditempat pengeringan, merapikan genteng yang sudah dicetak, dll. Sebanyak 10 orang.

2.7.Struktur organisasi
Semua kegiatan produksi genteng dan perencanaanya di koordinir  langsung  oleh  penulis.  Usaha  genteng  ini  struktur organisasinya adalah dari penulis langsung ke pegawai / pekerj

BAB III
ASPEK JASA YANG DITAWARKAN

Perusahaan ini menawarkan produk pada masyarakat dengan menawarkan  barang  hasil  pembuatan  genteng  antara  lain  jenis genteng :
Karang pilang
Mantili
Wuwung
 Kelebihan dari usaha / barang yang kami tawarkan antara lain :
Perusahaan kami memberikan harga yang tidak cukup mahal / standart dibandingkan dengan perusahaan lain yang menawarkan produk lain.
Perusahaan kami memberikan pelayanan yang seoptimal mungkin kepada konsumen, supaya konsumen mendapatkan kepuasan dari produk yang sama.
Perusahaan  kami  juga  mengijinkan  bagi  para  konsumen  untuk memilih dan memilah barang yang akan dibeli asalkan tidak diluar batas yang telah ditentukan perusahaan kami.

BAB IV
ASPEK PEMASARAN PRODUK

4.1 Produk yang ditawarkanPerusahaan  kami  menawarkan  produk  dari  hasil pembuatan genteng, antara lain jenis genteng :
1. karang pilang
2. mantili
3. wuwung

4.2 Profil konsumen yang ditujuKonsumen yang dituju perusahaan kami adalah semua lapisan masyarakat. Mulai dari kalangan menengah ke bawah sampai menengah ke atas.Tapi melihat daya beli konsumen kemungkinan bebas adalah  semua  kalangan  masyarakat  yang  membutuhkannya. Perusahaan ini pula tidak membeda – bedakan konsumen satu dengan yang lainnya.

4.3 Potensi pesaingDalam  dunia  usaha  banyak  sekali  para  perusahaan berlomba  menawarkan  produk  dari  usahanya  masing-masing. Namun  semuanya  itu  tidaklah  memuaskan/sempurna  yang diharapkan para konsumen. Oleh karena itu kami menyediakan fasilitas- fasilitas yang sebaik mungkin untuk menarik hati para konsumen. Dengan demikian konsumen dapat berdatangan dengan sendirinya di perusahaan kami

.4.4 Kondisi pesaingDalam tahap ini kondisi pesaing yang kami tahu dan mungkin yang tedekat dari perusahaan kami dari semua persaing yang kami tahu, antara lain :
Perusahaan genteng CV. BARU MUNCUL yang mempunyai jenis genteng  sama  yang  beralamatkan  JL.  Pertiwi  No.  14  desa Kalibeluk Warungasem.
Perusahaan UD. Kurnia yang menawarkan jenis genteng wuwung dan mantili saja yang beralamatkan di desa JL. Kenanga No. 19 yang bertempat tidak jauh dari perusahaan kami.Kondisi dari perusahaan yang disebut diatas tidak terlalu bagus karena :
1. Banyak usaha yang sama sebagai pesaing.
2. akan sulitnya untuk mencari katu bakar yang di inginkan.
3. memerlukan keahlian untuk mengolah pembuatan genteng.
4. bila genteng banyak yang rusak itu akan mengurangi omset penghasilan.
Dengan  demikian  kami  bisa  mengambil  kesimpulan  yaitu perusahaan itu masih di ambang- ambang menjadi pengolah yang mungkin itu terbaik.
4.5 Penetapan harga jasaPerusahaan kami menetapkan hatga dari produk yang kami tawarkan antara lain :

NO JENIS PRODUK HARGA SATUAN

1 Karang pilang Rp 2000,-
Per biji2 Wuwung Rp 2000,
Per biji3 Mantili Rp 2000, Per biji

4.6 Strategi promosiPerusahaan kami menawarkan/ mempromosikan produk yang kami sediakan melalui media cetak dan media elektronik, antara lain :
1. Melalui media cetak
Promosi yang dilakukan peruhan kami dengan memasang spanduk disekitar tempat-tempat yang mungkin tempat itu layak untuk dipasang spanduk seperti di jalan raya, di tempat-tempat yang sering dilewati orang,dll
.2. Melalui media elektronik
Mempromosikan dengan cara mendatangi tempat- tempat atau stasiun radio untuk mempromosikan perusahaan kami dan melampirkan No. Telp di media cetak.4.7 Sistem penjualan produk
Perusahaan  kami  menjual  produk  secara  langsung  ke konsumen,  artinya  apabila  ada  konsumen  yang  datang  atau menggunakan produk kami saat itulah kami melakukan transaksi penjualan


BAB V
ASPEK TEKNIS

5.1 Denah lokasi(Dilampirkan)
5.2 Izin mendirikan usaha(masih dalam proses)
5.3 Kebutuhan tenaga kerja dan kualifikasinnya
Tenaga kerja kami terdiri dari :
a.       2 orang bagian keuangan, dengan kualifikasi :
Laki-laki / perempuan
Minimal lulusan D2 dan ahli dalam perhitungan.
Mempunyai etos kerja yang tinggi, disiplin dan teliti.
b.      2 orang bagian informasi/ promosi, dengan kualifikasi :
Laki-laki
Minimal  lulusan  SMK/  SMA  jurusan  ekonomi  /  yang menyangkut dalam bidangnya.
Mempunyai etos kerja yang tinggi, disiplin, dan ulet dalam melaksanakn tugasnya.
c .15 orang bagian pencetak genteng, dengan kualifikasi :
Laki-laki / perempuan
Pendidikan tidak dilampirkan.
Sanggup dalam bidang ini.
Mempunyai etos kerja tinggi, disiplin dan ulet.
5.4 Bahan baku
Bahan baku utama pembuatan genteng adalah tanah liat / lempung dan pasir kali/ pasir sungai. Untuk bahan baku pasir kali di dapat dari penambang pasir sungai mayang di desa Sabrang. Sedangkan tanah liat murni kami dapat dari jember, lebih tepatnya di Kec. Tempurejo dan Curah nongko adapun jenis-jenis tanah liat murni untuk pembuatan genteng ini antara lain : tanah liat yang berwarna  kemerah-merahan,  kekuning-kuningan  karena  indikasi yang kami dapat itu bagus untuk pembuatan genteng.Selain bahan baku yang telah tertera diatas, juga terdapat bahan baku menunjang produksi yaitu kayu pembakaran dan kayu tampan/ kayu untuk pengeringan genteng. Kami juga memilih kayu yang tidak mudah habis dalam proses pembakaran yaitu kayu lamtoro. Sedangkan kayu yang digunakan untuk tampan atau penaruh genteng adalah jenis kayu bayur dan sangon yang kami beli dari toko bangunan atau dari warga sekitar.

5.5Peralatan/ mesin yang digunakanPeralatan yang digunakan untuk mendukung usaha kami adalah :
1. Mesin pencetak genteng jenis mantili
2.Alat pencetak genteng jenis karang pilang
3.Alat pencetak genteng jenis wuwung4.Mesin pemproses tanah liat
5.Tampan dengan ukuran panjang 5m dan lebar 1,5m berjumlah 50 buah
6. Diesel5.

6 Proses produksi atau pembuatan
Pada Sub.
Bab proses produksi ini, terbagi menjadi 2 tahap, yaitu :
Tahap pertama, pembuatan bahan baku tanah liat.Untuk membuat bahan baku tanah liat, sebelumnya kita harus menyediakan tanah murni yang berwarna kemerah-merahan dan  kekuning-kuningan  ditambah  pasir  sungai  dengan perbandingkan 11:10:1 serta air secukupnya. Lalu kita rendam atau kita mix kedua tanah tanah liat tersebut dan pasir sungai sambil disiram air secukupnya lalu digiling.Tanah liat yang telah tergiling akan membentuk balok-balok yang keluar dari mulut mesin penggilingan dan dengan segera memotong balok-balok tersebut. Balok-balok tanah liat yang belum sesuai ukurannya akan disesuaikan oleh pekerja yang lain, ketelitian dan ketelatenan seorang pekerja diperkelukan pada saat ini selanjutnya tanah ditata untuk proses pencetakan genteng.Untuk  mendapatkan  hasil  yang  maksimal  perusahaan  kami melakukan proses penggilingan bahan baku sebanyak 2 kali dengan mesin penggilian yang berbeda pula.
Tahap kedua, pembuatan genteng.Setelah bahan baku selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah mencetak genteng. Sebelum genteng dicetak, kita harus menentukan jenis genteng apa yang hendak kita cetak. Adapun jenis- jenis genteng yang diproduksi oleh perusahaan kami, antara lain :Jenis genteng karang pilang, wuwung, mantili.
Genteng dicetak dengan alat pencetak genteng manual ataupun dengan mesin. Kami menggunakan alat ini untuk mencetak genteng.  Kami  mengoprasikan  alat  ini  dengan  cara  menjepit/ menekan adonan tanah ini kecetakan sebelumnya cetakan genteng tersebut telah dilumuri minyak klentheng/campuran minyak tanah dan oli. Setelah itu, genteng yang telah tercetak dirapihkan dan ditaruh pada tampan yang selanjutnya akan disimpan selama 15 hari, ini kami lakukan agar menjadi kering.Setelah  disimpan  selama  15  hari,
 proses  selanjutnya  adalah pembakaran/ pengovenan di tempat pembakaran genteng selama kurang lebih 15 hari, genteng siap untuk dijual. Untuk lebih ringkasnya kami membuat skema proses pembuatan tanah liat dan genteng yang dituliskan dibawah ini :Tahap ke – 1, pembuatan bahan baku tanah liat.
 
10
Tanah liat murni kemerah – merahan + tanah liat murni kekuning – kuningan Kuningan + pasir sungai + air secukupnya11 : 10 : 1
Perendaman / percampuran
PP
Penggilingan (2x)
PP
Tanah liat / lempung

Tahap ke – 2, pencetakan genteng
 
12
Tanah liat / lempung
T
Penyimpanan
P
pencetakan
p
Pembakaran / peng-oven-an
P
Genteng
G
Gambar 1.2 Skema pembuatan genteng

BAB VI
ASPEK KEUANGAN / PERMODALAN

6.1 Sumber Modal
Modal sendiri                                                                          Rp   50.000.000,-
6.2 Modal / investasi
Tanah seluas 500m2 persegi (tanah milik sendiri)               Rp 100.000.000,-
Bangunan                                                                             Rp   30.000.000,-
Mesin / peralatan
 •Mesin pencetak jenis genteng mantili                                              Rp     8.000.000,
•Alat  pencetak jenis karang pilang                                                     Rp        300.000,-
•Alat manual pencetak jenis genteng wuwung                                   Rp       200.000,-
•Tampan seluas 1,5m X 5m sejumlah 50 buah    @ Rp 100.000,-      Rp        500.000,-
Diesel                                                                                              Rp     5.000.000,-
1 mobil pengangkut / Pick Up                                                         Rp    22.000.000,-
+
Jumlah  modal / investasi                                                                    Rp166.000.000,-

BAB VII
MODAL KERJA SETIAP PERIODE PERPUTARAN 1 MINGGU

7.1 Gaji / upah
Bagian keuangan                                                                              Rp       300.000,-
Bagian tranportasi                                                                            Rp       300.000,-
Bagian pencetak genteng                                                                 Rp       280.000,-
Jumlah kebutuhan gaji                                                                        Rp     880.000,-

7.2 Bahan baku
Tanah liat berwarna kemerah-merahan 2 truck                    Rp        200.000,-
Tanah liat berwarna kekuning-kuningan 2 truck                  Rp        200.000,-
Kayu bakar jenis lamtoro 1 Pick Up                                    Rp        500.000,-
Jumlah dana bahan baku                                                         Rp      9.00.000,-

7.3 Perlengkapan
            Bahan perlengkapan yang mendukung kelancaran dan kualitas produk kami adalah sebagai berikut :
Solar                                                                                    Rp        200.000,-
Minyak Klentheng                                                               Rp        225.000,-
Jumlah perlengkapan                                                               Rp         85.000,-

BAB VIII

8.1Jumlah modal investasi Rp 166.000.000,-
8.2Jumlah kebutuhan gaji Rp 880.000,-
8.3Jumlah dana bahan baku Rp 900.000,-
8.4Jumlah perlengkapan Rp 425.000,-+
Jumlah keseluruhan Rp 168.205.000,-

BAB IX
PREDIKSI PENDAPATAN SETIAP PERIODEPERPUTARAN I BULAN

9.1Genteng jenis mantili ( Rp 2.000 x 1 x 500 ) = 1.000.000,-
9.2Genteng jenis karang pilang ( Rp 2.000 x 1 x 2000 ) = 4.000.000,-
9.3Genteng jenis wuwung ( Rp 2.500 x 1 x 500 ) = 1.250.000,-
Jumlah pendapatan = 6.250.000,
Silahkan dibagikan keteman Via


Artikel Terkait :

0 Kommentare on Contoh Proposal Usaha Genteng :

Silahkan berkomentar yang baik dan Jangan Spam !

Pengikut


Google+