MAKALAH | PENDIDIKAN | AGAMA | APLIKASI HP | TIPS AND TRIK | CERITA | CONTOH | DOWNLOAD GRATIS

Proposal Kewirausahaan


BAB I
PENDAHULUAN


1.      Latar Belakang Pembuatan Usaha
Manusia yang hidupsudahmenjadisemacamsuatukewajibanuntukbertahanhidupditengah-tengahmasyarakat.Untukbertahanhidupmanusiaperluberinteraksidengan sesame manusialain, terutamadalammenjalinkerjasama yang salingmenguntungkan.
Dewasainilahanpekerjaansemakinbertambah, tetapidenganbanyaknyajumlahpenduduk, peluanguntukmendapatkanpekerjaanjadisemakinkecil.Untukitu, adabaiknya, setiapmanusiamampuberdirisendiridenganusahanyadalambertahanhidup.
Usaha dalambertahanhidupitudiantaranyadenganmembukasendirilahanusahabaruuntukkitatekuni.Denganmempertimbangkansegalasesuatunya, termasukketersediaansaranadanprasarana yang menunjang, yang tidakhanyadiciptakanolehkita, tetapiuntukmempermudahjugadilihatdariaspeklingkungan.
Ada berbagaimacamlahanusaha yang dapatdilakukan, diantaranyaadalahusahapembuatankripiksingkongsepertiapa yang akanpenulispaparkandalammakalahini.

2.      Identifikasi Pembuatan Usaha
Pembuatanusahabaru yang kitarintissebaiknyamempertimbangkanbeberapahal yang akanmendasariusahakitatersebut, diantranyaadalahuntukapakitamelukankegiatanusaha yang dimaksud, apasajahal yang kira-kiramenjadirintangandanhal-hal yang dapatmeringankanusahakitatersebut, danbagaimanakemungkinankeuntungan yang dapatkitaperolehdenganmembukausahatersebut.

3.      Tujuan Membuat Usaha
Adapuntujuankitauntukmendirikansuatuusahaadalahselainuntukbertahanhidup, lebihkhususlagikitamencarilabaatauuntungdariusaha yang kitalakukantersebut.Disampingitu, lebihjauhlagi, kitaberharapdapatmembuatlapangankerjasendiridanjikamemungkinkan, kitadapatmenyediakanlapangankerjauntuk orang lain.
Denganmakalahinidiharapkanpembacadapatmemahamidandiharapkandapatmemanfaatkannyakhusunyadalamsuatupemilihanusaha.











                                                                

BAB II
PEMBUKAAN USAHA PEMBUATAN KERIPIK SINGKONG SINGKONG


1.      PROSPEKTIF MASA DEPAN

Usaha inisangatlahbagusdancerahkarenausaha yang dijalankaninisudahmulaiditinggalkan orang.Ciriproduk yang khas yang dimilikiolehperusahaan, membuatdayatariktersendiriakanusahaini, baikdarisegikualitasmaupunkuantitasnya.
Dengansistemmanajemendankontrolkualitas yang terjaga, makausahainiakancukupberpotensihinggamasa yang akandatang. Denganmenajemen yang diterapkanpadatiapbagiandariusahaini, darimulaimanajemendalambahanbaku, produksi, hinggapemasaran, makausahaapapunakandapatbertahanmenghadapipersainganbaikdengansesamaprodusenkeripiksingkongmaupunbersaingdenganprodukbarulainnya.
Disampingitu, karenakeripiksingkongmerupakanjenismakanan yang sudahumum di masyarakatsehinggadalamhalpangsapasarnyatidakakandiragukanlagi.

2.      ANALISIS PERSAINGAN

Seorang pengusaha harus dapat melihat dan memanfaatkan peluang yang ada sehingga usaha yang dijalankannya tidak mengalami kegagalan ditengah jalan.Persaingan dengan perusahaan lain akan dapat diatasi dengan langkah-langkah yang terencana denan baik dan matang yang diantaranya adalah melakukan efisiensi dan peningkatan kualitas produk yang kita buat, yang dalam hal ini proses produksi keripik singkong, dilakukan dengan cepat tanpa mengabaikan rasa dan rupa dari keripik singkong tersebut.
Efisiensi dapat dilakukan dengan cara menggunakan tenaga terampil atau tenaga yang telah dilatih dalam hal pembuatan keripik singkong. Mulai dari penyiapan bahan baku hingga pengirisan yang dilanjutkan dengan penggorengan.
Dalam produksi bahan makanan sangat perlu diperhatikan cita rasa dan rupa. Cita rasa yang tinggi tanpa memperhatikan rupa, akan kurang berhasil, begitupun sebaliknya.
Packing atau pengemasan produk yang elegan dan unik akan memberi nilai jual tersendiri. Dalam keyataan, kebanyakan produk yang dikemas, hampir 40% biaya produksi adalah untuk kemasan, sedangkan sisanya adalah untuk bahan baku dan tenaga kerja.
Bermunculannya produsen jenis makanan ringan juga akan memberikan persaingan             walaupun dari segmen produksi yang berbeda, tetapi untuk segmen makanan ringan hal ini akan sangat memanaskan persaingan.


3.      SEGMENTASI PASAR YANG AKAN DIMASUKI


Segemen pasar yang diincar adalah kalangan bawah hingga atas, dimana keripiksingkong dapat dimakan oleh siapapun, tidak terkecuali kalangan atas.Produk yangdihasilkan berupa keripik singkong akan dipasarkan dengan cara penitipan ke pengecer yang bisa berupa warung atau toko makanan maupun toko biasa. Selain itu keripik singkong yang dihasilkan dapat dipasarkan melalui door to door langsung ke konsumen akhir.
Keripik singkong dapat juga dipasarkan dengan dengan cara order pemesanan. Hal ini biasanya untuk pemesanan partai yang agak besar, dalam hal ini dilakukan oleh distributor.
Lebih jauh lagi, dengan pengemasan yang merstandar tinggi, produk keripik singkong ini dapat menembus pemasaran di super market ataupun bahkan skala ekspor ke luar negeri.
Dengan kemasan yang dibuat sedemikian rupa hingga dapat terlihat elegan, maka kalangan atas yang biasanya mempertimbangkan gengsi, tidak akan ragu untuk membeli keripik singkong yang bersangkutan walaupun harga jualnya jadi akan lebih membengkak.


4.      ESTIMASI KELANCARAN USAHA

Kelancaran suatu usaha tidak hanya ditentukan dari lancarnya penjualan, tetapi juga ditentukan oleh proses produksi follow-up-nya. Dengan lancarnya penjualan secara otomatis juga memerlukan proses produksi yang juga tidak terhambat.
Kelancaran produksi bisa ditentukan oleh penggunaan permesinan yang dapat menghemat upah tenaga kerja dengan tingkat produksi yang juga tinggi.
Selain ditentukan oleh penggunaan permesinan, kelancaran produksi juga dapat ditentukan oleh tenaga produksi yang telah terampil dan mampu berdisiplin hingga bisa mencapai target produksi sesuai dengan order penjualan.
Kelancaran produksi tidak akan terlepas dari kelancaran suplai bahan baku. Dalam hal ini bahan baku yang digunakan adalah berupa ubi batang atau singkong.
Dewasa ini memang penanaman singkong sudah tidak banyak dilakukan oleh para petani. Singkong hanya dijadikan sebagai tanaman penyelang pada tanaman utama sepeti pada palawija.
Untuk itu perlu dipikirkan untuk mempunyai sumber bahan baku sendiri. Salah satu caranya yaitu bisa dengan memiliki lahan kebun sendiri, atau bekerjasama dengan petani yang bersedia menanam singkong secara khusus. Hal ini untuk menjaga agar produksi tidak berhenti.
Sebagai penunjang kelancaran usaha, khususnya dalam hal proses produksi, kelancaran suplai bahan baku ini sangat perlu untuk diperhatikan. Cadangan bahan baku perlu dipertimbangkan untuk proses produksi hingga paling tidak 5 hari. Hal ini untuk menjaga jika terjadi hambatan dalam penyediaan bahan baku.
Karena singkong merupakan bahan yang dapat busuk, maka perlu dijaga dan diketahui batas kualitas singkong yang baik untuk dijadikan bahan baku.
Kantung plastik, alumunium foil, atau bahkan foam-box yang biasa digunakan untuk kemasan makanan, kadang hanya berupa kemasan standar dan kurang sesuai untuk digunakan dalam mengemas jenis produk seperti keripik singkong. Untuk itu perlu dipikirkan cara pengadaan kemasan ini disesuaikan dengan produk keripik singkong yang dihasilkan, jika diperlukan harus dipikirkan pembuatan sendiri kemasan yang lain dari yang lain.

5.      PENETAPAN HARGA JUAL


Penetapanhargajualdilakukandengancaramemperhitungkanhargabahanbaku, upahpekerja, proses produksi, pengemasan, pemasarandanjikaperludiperhitungkan pula biayapromosidantransportasi.
Semuaharga yang telahteridentifikasidapatdihitunghinggabisadidapathargasatuan minimal (modal yang digunakan).Selanjutnyakitadapatmenentukanhargajualsetalahdiperhitungkandengankeuntungan yang inginkitaperoleh.
Penetapanhargainisangatperludilakukanuntukstandarisasipenjualan, sehinggatidakakanterjadikesenjangan yang signifikanantarahargaproduk yang harusdibayarkonsumensecaralangsungdenganhargaproduksetelahmelalui distributor atauagen.
Dalampenetapanhargajualinikitajugaharusrealistis.Jikaditentukanterlalutinggimakakonsumenakanmempertimbangkankembaliuntukmembeliprodukkitadanlebihjauhlagimerekaakanlarikeproduk lain yang sejenis. Hal tersebuttentutidakinginterjadi.Untukituperludiperhitungkanhargajualprodukdariprodusen lain.






 

`                                   BAB III
PENUTUP


Dari tulisan yang telahpenulisuraikan di atasdapatditarikbenangmerahdalammerintisusahapembuatankeripiksingkong, diantaranyaadalahbahwadalammerintissuatuusahaadabaiknyadirencanakansecaramatangbaikditinjaudariprospekmasadepanmaupunsistemmanajemen yang dapatdilakukanuntukmengelolausaha yang bersangkutan.
Selainituperlu pula dipikirkandandiperhitungkantentangprospekpersaingan, segmentasipasardankelancaranusahanya.
Khususuntukpengelolaanusahapembuatankeripiksingkongini, perludiperhatikanketersediaanbahanbakuberupasingkongbesertasifatdarisingkongitusendiri yang dapatmembusuk.
Penetapanhargajualmerupakansalahsatufaktor yang harusdiperhatikandalamsuatuusaha.Hargaharusrealististetapitidakmelupakan modal yang dikeluarkanuntukmelakukanusaha yang bersangkutantersebut.





Silahkan dibagikan keteman Via


Artikel Terkait :

0 Kommentare on Proposal Kewirausahaan :

Silahkan berkomentar yang baik dan Jangan Spam !

Pengikut


Google+