MAKALAH | PENDIDIKAN | AGAMA | APLIKASI HP | TIPS AND TRIK | CERITA | CONTOH | DOWNLOAD GRATIS

MAKALAH KELAYAKAN USAHA UNTUK PENGEMBANGAN BISNIS

MAKALAH KELAYAKAN USAHA UNTUK PENGEMBANGAN BISNIS
PENDAHULUAN
            Penyusunan studi kelayakan dalam rangka pengembangan bisnis (usaha) oleh pengusaha kecil mencakup usaha yang telah berjalan maupun gagasan yang merupakan peluang usaha baru. Analisis formal (resmi) terhadap suatu rencana investasi dari suatu peluang usaha dengan tujuan untuk mengetahui apakah manfaat investasi tersebut lebih besar dibandingkan dengan biayanya, biasa disebut dengan studi kelayakan usaha.
Analisis tersebut dilakukan terhadap seluruh proyek, yaitu :
ASPEK-ASPEK KELAYAKAN
1.      Aspek Pemasaran
Kelayakan aspek pemasaran dapat dilakukan melalui dua pendekatan, yaitu :

a.       Pendekatan permintaan dan penawaran
Apabila permintaan pasar lebih besar dari penawaran atau pasokan barang dari jasa produsen yang ada, maka potensi pasar terbukti ada, dan yang perlu dianalisis lebih lanjut adalah : 1. Seberapa besar peluang ?
              2. Seberapa besar perusahaan memasok peluang pasar.
b.      Keadaan struktur Pasar
Bagaimana struktur pasar dari produk yang akan dikembangkan :
1.      Apakah persaingan sempurna?
2.      Apakah persaingan tak sempurna?
3.      Apakah pasar monopoli?
Struktur pasar yang dihadapi akan membawa konsekuensi strategi usaha perusahaan.

2.      Aspek Teknis Produksi
Dalam aspek ini mencakup segi-segi :
a.       Penentuan lokasi usaha, luas tanah yang dibutuhkan, luas bangunan dll.
b.      Kebutuhan dan ketersediaan peralatan dan teknologi yang dibutuhkan.
c.       Proses produksi
d.      Kebutuhan dan ketersediaan bahan baku, serta tenaga kerja.
Bilamana aspek-aspek di atas tersedia dan mampu dikelola dengan baik, maka secara teknis kegiatan usaha yang hendak dikembangkan tersebut adalah layak.

3.      Aspek Yuridis
Aspek yuridis menerangkan keadaan legal-formal yang meliputi berbagai persyaratan, seperti :
a.       Akte pendirian badan usaha
b.      Izin Usaha : SIUP, TDP, NPWP, HO dan lain-lain.
c.       Ketentuan-ketentuan lain yang mengatur usaha kecil.
Jika persyaratan tersebut terpenuhi, maka secara hukum (yuridis) kegiatan usaha yang direncanakan tersebut adalah layak.

4.      Aspek Organisasi dan Manajemen
Kelayakan dilihat dengan pendekatan manajerial atau pengelolaan usaha meliputi :
a.       Organisasi perusahaan
b.      Pembukaan kegiatan usaha
c.       Sistem pelaksanaan pengelolaan perusahaan, dikelola sendiri dengan bantuan tenaga kerja dari keluarga sendiri atau dari luar.
d.      Profesionalisme pengelolaan usaha.
Bilamana secara organisatoris dan manajemen direncanakan secara baik, maka dapat dikatakan layak

5.      Aspek Keuangan (Finansial)
Mencakup segi pengeluaran dan penerimaan yang dinyatakan dalam satuan uang. Dari aspek financial, suatu investasi dikatakan layak, apabila penerimaan lebih besar dari pengeluaran. Adapun tahapan dalam analisis financial adalah :
a.       Menghitung kebutuhan investasi
1.      Investasi untuk aktiva tetap
2.      Investasi untuk modal kerja
3.      Anggaran sumber dan penggunaan dana
b.      Menghitung arus kas
1.      Perkiraan biaya produksi dan operasional
2.      Laporan R/L
3.      Perhitungan beban cicilan dan bunga kredit
4.      Aliran kas masuk dan kas keluar













MENYUSUN USULAN (PROPOSAL) PROYEK

Format Proposal :

KATA PENGANTAR
DAFTAR  ISI
DAFTAR TABEL
BAB  I                        :  PENDAHULUAN
a.       Latar Belakang
b.      Maksud dan Tujuan
c.       Usaha Yang Akan Dikembangkan
BAB II            : DESKRIPSI KELAYAKAN ASPEK
a.       Pemasaran
b.      Yuridis
c.       Organisasi dan Manajemen
d.      Teknik Produksi
e.       Finansial
f.       Sosial dan ekonomi
BAB III          : KESIMPULAN
BAB IV          : PENUTUP










Bab I
PENDAHULUAN
a.       Latar Belakang
Jelaskan kondisi-kondisi obyektif yang mendorong pengembangan usaha, bagaimana dampaknya terhadap perusahaan baik jangka pendek maupun jangka panjang, dalam rangka pengembangan perusahaan secara lebih luas.

b.      Maksud dan tujuan
Jelaskan maksud penyusunan proposal ini dan tujuan yang hendak dicapai.

c.       Usaha yang akan dikembangkan
Uraikan secara tegas usaha apa yang akan dikembangkan.


Bab II

DESKRIPSI KELAYAKAN ASPEK

a.       Pemasaran
Uraikan perkiraan dan taksiran :
1.      Volume permintaan, baik untuk konsumsi industry maupun akhir
2.      Volume penjualan yang mampu diraih serta daerah pemasarannya
3.      Program pemasaran
4.      Kebijakan harga dan target penjualan

b.      Aspek Yuridis
Jelaskan landasan hokum pendirian perusahaan dan kelengkapan persyaratan formal lainnya.

c.       Aspek Organisasi dan Managemen
Berikan informasi :
1.      Keadaan organisasi perusahaan, seperti struktur dan personalianya
2.      Kepemilikan
3.      Pola manajemen
4.      Pembagian tugas
5.      Jumlah karyawan

d.      Aspek Teknik Produksi
Uraikan :
1.      Kebutuhan mesin dan peralatan lain yang diperlukan
2.      Pemasok dan kapasitas pemasok
3.      Lokasi tempat usaha
4.      Persediaan
5.      Jumlah tenaga kerja
6.      Persoalan limbah  dan penanganannya.

e.       Aspek Finansial
Uraikan :
1.      Kebutuhan modal investasi dan modal kerja
2.      Arus kas masuk dank as keluar
3.      Anggaran biaya produksi, pemasaran
4.      Jadwal pengembalian kredit

f.       Aspek Sosial
Berikan informasi dampak yang diperkirakan terjadi dari adanya proyek ini terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar lokasi perusahaan.


Bab III

KESIMPULAN
Berikan kesimpulan hasil analisis kelayakan tiap aspek maupun secara keseluruhan.


Bab IV

P E N U T U P
Uraikan harapan-harapan yang diinginkan dari perusahaan dan penyusunan proposal ini.






Silahkan dibagikan keteman Via


Artikel Terkait :

0 Kommentare on MAKALAH KELAYAKAN USAHA UNTUK PENGEMBANGAN BISNIS :

Silahkan berkomentar yang baik dan Jangan Spam !

Pengikut


Google+