Pembelajaran aktif atau active learning adalah segala bentuk pembelajaran yang memungkinkan siswa berperan secara aktif dalam proses pembelajaran. Saat ini pembelajaran aktif telah diyakini oleh sebagian besar para teoritisi, praktisi dan pemegang kebijakan di hampir seluruh belahan muka bumi ini sebagai sebuah konsep pembelajaran yang memberikan harapan bagi tercapainya mutu pembelajaran. Berpegang pada gagasan yang disampaikan oleh Pusat Kurikulum Balitbang Kemendiknas (2010), berikut ini disajikan sejumlah ciri-ciri atau indikator terjadinya pembelajaran aktif pada setting kelas:
- Kegiatan belajar suatu kompetensi dikaitkan dengan kompetensi lain pada suatu mata pelajaran atau mata pelajaran lain.
- Kegiatan belajar menarik minat peserta didik.
- Kegiatan belajar terasa menggairahkan peserta didik.
- Semua peserta didik terlibat secara aktif dalam kegiatan belajar.
- Mendorong peserta didik berpikir secara aktif dan kreatif.
- Saling menghargai pendapat dan hasil kerja (karya) teman.
- Mendorong rasa ingin tahu peserta didik untuk bertanya.
- Mendorong peserta didik melakukan eksplorasi (penjelajahan).
- Mendorong peserta didik mengekspresi gagasan dan perasaan secara lisan, tertulis, dalam bentuk gambar, produk 3 dimensi, gerak, tarian, dan / atau permainan.
- Mendorong peserta didik agar tidak takut berbuat kesalahan.
- Menciptakan suasana senang dalam melakukan kegiatan belajar.
- Mendorong peserta didik melakukan variasi kegiatan individual (mandiri), pasangan, kelompok, dan / atau seluruh kelas.
- Mendorong peserta didik bekerja sama guna mengembangkan keterampilan sosial.
- Kegiatan belajar banyak melibatkan berbagai indera.
- Menggunakan alat, bahan, atau sarana bila dituntut oleh kegiatan belajar.
- Melibatkan kegiatan melakukan, seperti melakukan observasi, percobaan, penyelidikan, permainan peran, permainan (game).
- Mendorong peserta didik melalui penghargaan, pujian, pemberian semangat.
- Hasil kerja (karya) peserta didik dipajangkan.
- Menerapkan teknik bertanya guna mendorong peserta didik berpikir dan melakukan kegiatan.
- Mendorong peserta didik mencari informasi, data, dan mencari jawaban atas pertanyaan.
- Mendorong peserta didik menemukan sendiri.
- Peserta didik pada umumnya berani bertanya secara kritis.
Untuk dapat memenuhi seluruh ciri (indikator) di atas tentu bukan hal yang mudah, khususnya bagi kawan-kawan yang sudah tertiasa dengan pola pembelajaran pasif. Oleh karena itu, mari kita mencoba memenuhi dan mempraktikannya di kelas, mulai dari hal yang paling mungkin untuk dilaksanakan.
==========Sumber: Pusat Kurikulum Balitbang Kemendiknas. 2010. Panduan Pengembangan Pendekatan Belajar Aktif; Buku I Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta.
==========REFLEKSI:
Dari sejumlah ciri / indikator di atas, menurut Anda hal mana yang paling sulit untuk dapat dipenuhi di kelas Anda?
Adakah solusi terbaiknya?
==========
Selamat berdiskusi dan semoga dapat semakin memberikan pencerahan bagi kita semua!
Artikel Terkait :
Makalah Umum
- MAKALAH GEOPOLITIK INDONESIA | Pendidikan Kewarganegaraan
- Makalah Pendidikan Berkarakter
- PANCASILA DALAM KONTEKS SEJARAH PERJUANGAN BANGSA INDONESIA
- Makalah Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif
- Makalah Pengertian, Tujuan dan Ruang Lingkup Metodologi Penelitian
- Makalah Microsoft Power Point Sebagai bahan Presentasi
- Makalah Microsoft Excel Sebagai Pengolah Data Tabel
- Makalah Microsoft Word Sebagai Program Pengolah Kata
- Makalah Dasar Sistem Operasi | Makalah Operating System
- Makalah Konsep Dasar Sistem Komputer
- MAKALAH GEOSTRATEGI INDONESIA | MAKALAH KEWARGANEGARAAN
- MAKALAH HAK AZAZI MANUSIA | RULE OF LAW | PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
- Makalah Demokrasi | PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
- Makalah Negara Dan Konstitusi | PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
- Makalah Hak dan Kewajiban Warga Negara | MAKALAH KEWARGANEGARAAN
- Makalah Identitas Nasional | PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
- MAKALAH FILSAFAT PANCASILA | PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
- Makalah Pelayanan Konseling dan Pengembangan Diri Siswa
- MAKALAH LANDASAN EKONOMI DALAM PENDIDIKAN
- Makalah Filsafat Pendidikan | PANCASILA SEBAGAI PEMIKIRAN FILSAFAT
- PENGERTIAN SUPERVISI PENDIDIKAN
- MAKALAH PENELITIAN TINDAKAN KELAS
- MAKALAH TUJUAN PEMBELAJARAN BAHASA
- Makalah Kebudayaan
- Makalah Ekonomi Pancasila
Pendidikan Umum
- Download Film | Video Bokep Gratis Terbaru
- Pengumuman Hasil UN SMA | SMK | MAN 2013
- MENGENAL MEDIA PEMBELAJARAN
- Download RPP dan Silabus Bahasa Jawa Berkarakter SMP | MTs kelas 7, 8 dan 9
- UKG (Uji Kompetensi Guru) Tahap II, UKG Online Tahap II DASAR PELAKSANAAN UKG 2012 / 2013
- Penelitian Tindakan Kelas di Sekolah
- Cara mengisi Bio Sistem Online 2012 SD | MI | SMP | MTs| SMA | SMK
- Contoh Proposal Pengajuan Perpustakaan
- Download Kisi Kisi Ujian Nasional SMA | MA | SMK 2012/2013
- Download Kisi Kisi Ujian Nasional SMP | MTs 2012/2013
- Download Kisi Kisi Ujian Nasional SD | MI dan SDLB 2012/2013
- Download RPP Silabus Penjasorkes SMP Kelas 7 - 8 - 9 lengkap
- Contoh CV Surat Lamaran Kerja
- PANCASILA DALAM KONTEKS SEJARAH PERJUANGAN BANGSA INDONESIA
- RPP Silabus Fiqih | Fikih Berkarakter MTs Kelas 7, 8 dan 9
- Download Silabus RPP Berkarakter SKI MTS kelas 7 | 8 | 9
- RPP Silabus Berkarakter MI | MTs | MA | SD | SMP | SMA
- Pahlawan Nasional dari Kabupaten Batang | K.H. Ahmad Rifai
- Contoh Daftar Riwayat Hidup Yang Benar
- Contoh Laporan KKL - PKL di Bandung
- Contoh Laporan PKL - KKL Manajemen Ekonomi
- Contoh Laporan PPL | Praktek Pengalaman Lapangan SMA - SMP - MTs - SD - MI
- Pengajaran Mikro - Micro Teaching
- Contoh Laporan KKL - PKL di Jakarta
- Manfaat Pendidikan Seks Remaja dan Sekolah | sex education
0 Kommentare on Ciri-Ciri Pembelajaran Aktif di Kelas :
Silahkan berkomentar yang baik dan Jangan Spam !